Home / Populer / Pemkot Kupang buka-bukaan soal Temuan BPK

Pemkot Kupang buka-bukaan soal Temuan BPK

Bagikan Halaman ini

Share Button
lam43Wali Kota Kupang Jonas Salean dan Ny (kanan), Wakil Wali Kota Kupang Herman Man dan Ny (kiri)

MORAL-POLITIK.COM– Temuan BPK 2013 terus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang. Hingga akhir tahun 2014, telah ditindaklanjuti sebesar 64 persen.
Demikian penjelasan Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man, saat jumpa pers awal tahun, di Aula Garuda, Balai Kota Kupang, Senin (5/1/2014).

Dikatakan, hasil tindak lanjut temuan BPK sebesar 64 persen sudah diaudit kembali oleh BPK Perwakilan NTT.
Saat ini, katanya, masalah dan temuan yang belum terselesaikan yakni masalah aset dan nanti ditindaklanjuti TPTG, sehingga progress terus meningkat.

Diuraikan, total temuan BPK untuk Kota Kupang sebesar Rp 1,8 triliun. Dengan terselesaikannya 64 persen dari total temuan tersebut, maka tersisa 36 persen yang perlu di kejar dan dituntaskan. Nilai tersebut, termasuk didalamnya aset. Karena itu, akan dilakukan penghapusan aset, maupun pengembalian semua temuan yang ada.
“Untuk administrasi semuanya sudah. Tinggal keuangan yang perlu diselesaikan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Kupang, Jonas Salean menambahkan, pihaknya akan terus menindaklanjuti temua BPK, walau agak sulit.

Temuan sebesar itu, paparnya, merupakan peninggalan pemerintah sebelumnya. Walau demikian, pihaknya tetap tanggungjawab. “Walau agak sulit dilakukan kami akan terus bergerak maju menuntaskan temuan BPK yang ada,” katanya.

Mantan Sekda Kota Kupang ini melanjutkan, aset-aset sudah dilakukan pembenahan, dan akan terus diselesaikan hingga tuntas. Terbanyak aset tanah, dimana ada sebagian tanah telah dibangun sekolah, namun tanah tersebut milik Pemprov NTT. Karena itu, kita akan koordinasikan, untuk ditindaklanjuti.

Sementara aset-aset yang pantas diputihkan, bilangnya, maka harus diputihkan agar tidak terus tercatat dan menjadi temuan BPK.

Baca Juga :  Hillary Clinton Jalani Pemeriksaan 3,5 Jam di Kantor FBI

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan SKPD untuk bekerja sesuai aturan, agar tidak menjadi temua BPK. Jika ada temuan, maka pihaknya tidak akan berkompromi dan pastinya wajib diselesaikan.
(nyonky)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button