Home / Populer / Inilah permintaan Paus Fransiskus kepada pemimpin Muslim di seluruh dunia

Inilah permintaan Paus Fransiskus kepada pemimpin Muslim di seluruh dunia

Bagikan Halaman ini

Share Button
paus        Paus beberapa kali mengecam aksi ISIS yang membunuh dan mengusir warga yang tidak sejalan dengan pemikiran mereka di Suriah dan Irak.

 

MORAL-POLITIK.COM– Paus Fransiskus menghimbau para pemimpin Muslim di seluruh dunia untuk mengecam interpretasi kelompok fundamentalis yang mempergunakan nama Tuhan untuk membenarkan kekerasan.

“Kekerasan selalu hasil dari pemalsuan agama, penggunaan dalih agama untuk skema ideologi hanya memiliki satu tujuan yaitu kekuasaan atas pihak lain,” ujar Paus dalam pertemuan tahunan dengan para diplomat asing yang ditempatkan di Vatikan pada Senin (12/1).

“Saya berharap para pemimpin agama, politik dan cendekiawan, terutama dari komunitas Muslim, akan mengecam seluruh interpretasi kaum fundamentalis dan ekstrimis terhadap agama yang mencoba membenarkan aksi kekerasan seperti itu,” kata Paus.

“Fundamentalis keagamaan, bahkan sebelum mereka membunuh manusia dengan aksi kekerasan yang keji, adalah sikap menghilangkan Tuhan, mengubahnya hanya sebagai dalih ideologi,” ujarnya di depan 180 diplomat asing.

Melansir cnnindonesia.com, Paus Fransiskus mengatakan pembunuhan di Paris memperlihatkan bagaimana penolakan atas kepercayaan orang lain bisa menyebabkan kekacauan dalam masyarakat dan menyebabkan kekerasan dan kematian.

Paus asal Argentina ini beberapa kali mengecam para pejuang ISIS yang telah membunuh atau menyebabkan umat Muslim Syiah, Kristen dan agama lain di Suriah dan Irak kehilangan tempat tinggal.

Dalam pidatonya Paus juga mengecam perilaku penjualan manusia dan menyebutnya sebagai “satu praktek perdagangan yang keji” dan mengecam “kebrutalan yang luar biasa” dalam aksi serangan militan Taliban yang menewaskan lebih dari 130 anak sekolah Pakistan.

(erny)

Baca Juga :  Meneropong Peluang Kemenangan Koalisi Golkar dan PDI-P di Kota Kupang

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button