Home / Populer / Persoalan Jalan di NTT, ini kata Kadis PU (12)

Persoalan Jalan di NTT, ini kata Kadis PU (12)

Bagikan Halaman ini

Share Button
ANDRE-KOREHKepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ir. Andreas Koreh, MT.
MORAL-POLITIK.COM- Sudah bukan rahasia lagi apabila banyak masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur belum paham benar terkait pelbagai kebijakan pemerintah, satu diantaranya adalah di bidang Dinas Pekerjaan Umum, yang boleh dikatakan sebagai nadinya pelaksanaan pembangunan.

Terkait dengan hal tersebut, moral-politik.com mengajukan wawancara tertulis kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi NTT, Ir. Andreas Koreh, MT.

Berikut, secara bersambung akan dipublikasikan kepada sidang pembaca yang terhormat wawancara dan jawabannya.

Pertanyaan:

Berapa tahun lagi baru semua persoalan jalan di NTT bisa terselesaikan dengan baik?

Jawaban:

Untuk Jalan Nasional, berdasarkan data yang ada, saat ini Konsidi Mantab = 96,06%, berarti tinggal 3,94% atau 55,39 km jalan dalam kondisi tidak mantab (rusak ringan dan rusak berat).
Jika dalam TA. 2015 dialokasikan anggaran untuk penanganan jalan nasional sepanjang 116 km, artinya di atas kertas persoalan jalan nasional di NTT selesai, sesuai dengan Renstra Kementerian PU.

• Untuk Jalan Provinsi: saat ini Konsidi Mantab= 52,48%, berarti masih terdapat 47,52% atau 240,07 km jalan dalam kondisi tidak mantab (rusak ringan dan rusak berat).

– Berdasarkan Renstra Dinas PU, tahun 2018 ditargetkan 100% jalan provinsi dalam kondisi mantab.

– Berdasarkan SPM tahun 2019 ditargetkan 60% jalan provinsi dalam kondisi mantab.

Berdasarkan target Renstra maupun target SPM, jika kita lihat trend alokasi APBD Provinsi setiap tahun untuk penanganan jalan sampai dengan tahun 2015 rata-rata 50 km, maka dalam lima tahun kedepan dapat dipastikan 60% jalan provinsi dalam kondisi mantab sesuai target SPM apalagi 100% target Renstra tidak mungkin dapat dicapai.

• Untuk Jalan Kabupaten/Kota: Belum dapat diprediksi karena belum ada data dari masing-masing Kabupaten/Kota.

Jadi kalau ditanya, berapa tahun lagi baru semua persoalan jalan bisa terselesaikan dengan baik di NTT, maka jawabannya adalah bisa 10 tahun, 20 tahun bahkan saat kondisi jalan mencapai 100% mantab, Pemerintah tetap perlu mengalokasikan anggaran untuk pemeliharaan untuk mempertahankan umur rencana jalan tersebut. (bersambung)

Baca Juga :  JK bicara soal Pesawat Kepresidenan

(erny)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button