Home / Populer / Soal Budi Gunawan, ini pertanyaan Denny Indrayana kepada DPR

Soal Budi Gunawan, ini pertanyaan Denny Indrayana kepada DPR

Bagikan Halaman ini

Share Button
denyMantan Wamenkum dan HAM Denny Indrayana.

MORAL-POLITIK.com– Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny Indrayana mempertanyakan proses seleksi calon kepala Polri yang dilakukan di DPR. Menurut Denny, dalam proses seleksi, seharusnya DPR juga mendengar pendapat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Yang didengar DPR cuma penjelasan Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan, dan Kabareskrim. Kenapa KPK dan PPATK tidak dipanggil?” ujar Denny, saat menjadi narasumber dalam program Satu Meja di Kompas TV, Selasa (20/1/2015).

Melansir kompas.com, padahal menurut Denny, dalam proses seleksi calon Kapolri sebelumnya, DPR pernah meminta masukan dari KPK dan PPATK. Denny mengatakan, DPR seharusnya menyandingkan data yang dimiliki KPK dengan keterangan yang dijelaskan oleh Budi Gunawan.

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan status tersangka kepada Budi Gunawan, seorang perwira bintang tiga yang ditunjuk sebagai calon tunggal kepala Polri oleh Presiden Joko Widodo. Denny mengatakan, KPK sebenarnya telah berusaha menyampaikan data mengenai dugaan kasus korupsi tersebut pada pimpinan Polri.

Selain itu, menurut Denny, KPK juga sebenarnya telah berusaha menyampaikan data dugaan kasus korupsi tersebut kepada Presiden Joko Widodo. Kesempatan terakhir, kata Denny, adalah saat nama Budi diajukan sebagai calon kepala Polri. Ia mengatakan, dengan laporan tersebut, KPK berharap agar pencalonan terhadap Budi Gunawan tidak dilanjutkan.

Dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu, DPR akhirnya menyetujui pengangkatan Budi Gunawan sebagai kepala Polri, menggantikan Jenderal (Pol) Sutarman. Keputusan tersebut diambil setelah sebelumnya Komisi III DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Budi Gunawan.

(erny)

Baca Juga :  Mengapa Jokowi-JK didukung Imam Masjid New York?

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button