Home / Populer / Tinny Tadeus: Kerugian Bencana di NTT Belum Terdata BPB NTT

Tinny Tadeus: Kerugian Bencana di NTT Belum Terdata BPB NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
malaka                                                                                       Ilustrasi: Bencana Banjir di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur.

MORAL-POLITIK.com– Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Timur (NTT), Tinny Tadeus mengatakan, kerugian akibat bencana di NTT sejak Desember 2014 hingga Januari 2015 belum terdata sampai saat ini. Hal ini disebabkan kekurangan sumber daya manusia (SDM) untuk menghitung jumlah kerugian akibat bencana tersebut.

“Tidak mudah untuk menghitung kerugian akibat bencana. Kita masih sangat kekurangan tenaga dan saat ini tenaga untuk menghitung kerugian bencanan berjumlah 895 yang disebar di seluruh NTT,” kata Tadeus kepada wartawan dalam acara Jumpa Pers dan Evaluasi Kemitraan Pemda Provinsi NTT dengan Media Massa yang diselanggarakan Biro Humas Setda NTT,  di Aula Bappeda NTT.

Tadeus mengatakan, dari 895 tenaga yang ada, 40 persen tenaga penghitung kerugian bencana itu merupakan tenaga kontrak sehingga perhitungan kerugian bencana biasanya mengalami keterlambatan karena keterbatasan tenaga.

Ia menambahkan, sejak Desember 2014 hingga Januari 2015 bencana yang terjadi di NTT tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Memang NTT dikenal sebagai supermarket bencana. Semua semua jenis bencana ada di NTT, dan hanya minus bencana teror saja yang tidak berada di sini. Namun tahun ini bencana tidak sebanyak tahun-tajun sebelumnya,” tambahnya.

Ketika disinggung soal alokasi anggaran penanggulangan bencana pada tahun 2015, Tadeus mengatakan, di tahun 2015 anggaran penanggulangan bencana yang disediakan sebesar Rp 3,1 Miliar. Jumlah tersebut tidak termasuk dengan material dan bahan makanan yang disiagakan untuk korban bencana.

(nyongky)

Baca Juga :  Ketua KPK: Kasus e-KTP libatkan nama besar

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button