Home / Populer / Bagi Perempuan Berjilbab, Inilah Trik Padu Padan Pakaian Kerja

Bagi Perempuan Berjilbab, Inilah Trik Padu Padan Pakaian Kerja

Bagikan Halaman ini

Share Button
trikPakaian kerja dari Zalora Spring Moslem Collection 2015 (Zalora/Agung Hartamurti)

MORAL-POLITIK.COM- Perempuan bekerja tentu tetap ingin tampil gaya meski harus menunjukkan kesan profesional. Tidak perlu berbelanja pakaian baru setiap minggu untuk tampak mengesankan di lingkungan kantor. Hanya perlu kreatif memilih model pakaian dan memadukannya.

“Sebenarnya baju kerja itu lebih padu padan dan potongan ya. Karena dasarnya baju kerja pakai blazer, kemeja dan celana atau rok. Item-item dasar yang bagaimana caranya bisa tetap stand out, bisa gaya meski kerja,” kata Restu Anggraini, desainer pakaian muslimah saat ditemui di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan.

Melansir cnnindonesia.com, selain potongannya yang sederhana dan minimalis tanpa detail berlebih, pilih juga busana kerja dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, warna kulit atau nude, juga marun. Warna-warna netral aman digunakan oleh perempuan bekerja karena dapat menunjukkan profesionalitas.

Restu menambahkan, pakaian kerja lebih banyak menggunakan berbagai macam bahan katun, salah satunya katun twill. Bahan itu lebih sejuk dan nyaman ketika dipakai untuk bekerja. Bahan-bahan yang kaku seperti stretch interlock untuk blazer juga direkomendasikan.

“Ada juga bahan stretch interlock, seperti bahan untuk blazer tetapi melar. Jadi bahan-bahan yang kaku supaya kelihatan gagah,” tutur desainer yang fokus membidik pasar busana kerja muslimah itu.

Agar dapat memadukan pakaian, Anda perlu memiliki sejumlah item wajib. Lebih baik lagi jika memiliki variasi warna. Menurut Restu ada beberapa item fesyen yang wajib dimiliki oleh perempuan yang berkarier adalah berikut.

1. Kemeja
Beruntung bagi muslimah, saat ini banyak model kemaja yang sedikit berbeda sehingga lebih segar saat dipadu padan.

“Kemejanya kalau bisa dipilih yang agak beda misalnya lengannya bow. Jadi, pas dipadu padan ada sedikit twist-nya. Hanya sedikit sih sehingga minimalis tapi elegan,” kata Restu.

Baca Juga :  Kabupaten Kepulauan Seribu, Harapkan Hidup di Bidang Pariwisata

Bagi muslimah, ukuran pakaian kantor yang umumnya pas di badan dapat dibuat lebih longgar untuk menghindari terlihatnya lekuk tubuh.

2. Celana
Saat ini celana-celana berbentuk pipa sedang tren. Model celana ini memang memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi yang aktif bekerja.

Selain itu, model celana yang sedang digandrungi adalah dengan ujung celana yang dilipat ke atas. Saat ini, celana seperti itu ada yang lipatannya sudah dijahit dibuat seperti model celananya.

3. Rok
Bagi muslimah yang lebih senang menggunakan rok, pilihlah rok yang menjuntai (loose) sehingga tidak menyulitkan gerak. Rok berbentuk A-line tanpa remple adalah pilihan yang cocok untuk busana kerja agar terkesan profesional.

4. Luaran (Outer)
Contoh luaran alias outer yang harus dimiliki perempuan pekerja adalah blazer dan sweater. Pilihan model item ini juga harus simpel dan minimalis dengan ragam pilihan warna.

“Karena untuk baju kerja kita enggak bisa macam-macam ya. Nanti heboh bukan mau ke kantor, nanti kliennya kabur,” kata Restu seraya tertawa simpul.

Ia melanjutkan, “Untuk outer, asal jangan terlalu banyak tumpukan karena kita lebih ke kerja yang aktivitasnya tinggi. Jadi jangan sibuk sendiri dengan banyak layering di badan. Sesimpel mungkin agar orang melihat kita simpel dan dinamis.”

Menurut Restu, luaran yang sederhana dengan warna-warna netral dapat dipadukan dengan kemeja dan rok atau celana. Dalam satu minggu, luaran dapat digunakan bahkan hingga tiga kali dengan gaya yang berbeda-beda.

(erny)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button