Home / Populer / Chatarina M Girsang: Semua Tersangka Akan Ajukan Praperadilan

Chatarina M Girsang: Semua Tersangka Akan Ajukan Praperadilan

Bagikan Halaman ini

Share Button
catrinKuasa hukum Komisi Pemberantasan Korupsi, Chatarina M Girsang.

 

MORAL-POLITIK.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi menilai putusan hakim praperadilan Sarpin Rizaldi yang menganggap penetapan tersangka Komjen Budi Gunawan tidak sah sebagai preseden buruk bagi pemberantasan korupsi dan penegakan hukum. Salah satu kuasa hukum KPK, Chatarina Mulia Girsang, memprediksi tersangka lain akan mengajukan hal yang sama dengan Budi karena merasa akan dimenangkan.

“Yang pasti setelah ini semua yang menjadi tersangka, baik di Polri, kejaksaan, atau KPK, akan mengajukan praperadilan,” kata Chatarina seusai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/2/2015).

Melansir kompas.com, dia mengatakan, KPK tetap akan siap menghadapi semua tuntutan praperadilan yang diajukan semua tersangka KPK pada kemudian hari. Ia menilai, dalam praperadilan Budi Gunawan ini, KPK sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Sayangnya, katanya, hakim mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan prosedur hukum.

“Jadi, ada ketidakkonsistenan hakim. Ada suatu prosedur hukum yang keluar dari jalurnya,” tambahnya.

Dalam pertimbangannya, hakim menilai penetapan tersangka termasuk obyek praperadilan karena merupakan bagian dari penyidikan. Hakim juga menilai Budi Gunawan bukan penegak hukum atau penyelenggara negara saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 sehingga KPK tidak berwenang memeriksa Budi. Hakim juga menilai kasus Budi tidak meresahkan masyarakat atau pun menimbulkan kerugian negara.

“Menyatakan penetapan tersangka termohon (Budi Gunawan) oleh pemohon (KPK) adalah tidak sah,” kata Sarpin membacakan putusannya.

(erny)

Baca Juga :  Kepolisian Rusia tangkap 50 Hacker pencuri uang Rp600 Miliar

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button