Home / Populer / Gaya Gubernur Ahok Percepat Penghapusan Sistem Setoran Angkutan Umum

Gaya Gubernur Ahok Percepat Penghapusan Sistem Setoran Angkutan Umum

Bagikan Halaman ini

Share Button
desakIlustrasi: belasan angkutan umum berjejer di depan Stasiun Pasar Minggu.

MORAL-POLITIK.com– Program penghapusan sistem setoran pada angkutan umum di Jakarta dalam waktu dekat akan segera dilakukan. Sesuai dengan yang direncanakan, program ini akan diawali di trayek S-66 (Blok M-Manggarai).

“Pak Gubernur (Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama) minta uji cobanya dilakukan secepatnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Benjamin Bukit, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Melansir kompas.com, menurut Benjamin, nantinya bus-bus yang beroperasi di trayek S-66 akan dibayar dengan menggunakan sistem rupiah per kilometer.

Tentunya, bus-bus tersebut harus dibenahi terlebih dahulu agar memenuhi aspek kenyamanan dan kelaikan.

Dengan sistem tersebut, kata dia, para sopir beserta kondekturnya tidak perlu lagi mengetem untuk menunggu penumpang atau mengejar setoran bagi pemilik angkutan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PT Transjakarta akan menggaji sopir dan kondektur bus itu setiap bulan, serta memberikan pembayaran rupiah per kilometer ke operator angkutan.

“Bila sistem ini terbukti berhasil meningkatkan pelayanan angkutan umum setelah diujicobakan di trayek S-66, maka Dishub DKI akan menerapkannya juga ke trayek lainnya,” pungkas dia.

(erny)

Baca Juga :  Luthfi Hasan Ishaaq kembali telan pil pahit

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button