Home / Populer / Inilah Kronologi Pertemuan Samad-Hasto & Tjahjo

Inilah Kronologi Pertemuan Samad-Hasto & Tjahjo

Bagikan Halaman ini

Share Button
kroKronologi Pertemuan Samad-Hasto Versi Pemilik Apartemen Supriansyah orang yang mengaku sebagai pemilik unit apartemen yang diduga digunakan sebagai tempat pertemuan Abraham Samad dan Hasto Kristianto, usai diperiksa sebagai saksi di Bareskrim Polri (30/1). (CNN Indonesia/Rinaldy Sofwan)

MORAL-POLITIK.com– Penyidik Bareskrim Polri mulai memeriksa saksi untuk kasus pelanggaran yang dilakukan dengan terlapor Abraham Samad. Untuk saksi yang diperiksa hari ini, penyidik memeriksa pemilik unit apartemen Capital Residence di kawasan SCBD, Jakarta.

Saksi tersebut bernama Supriansyah. Ia mengaku sudah kenal lama dengan Abraham saat masih sama-sama jadi aktivis antikorupsi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Usai diperiksa di Bareskrim Polri, Supri menuturkan, Samad yang lebih dulu datang ke apartemennya. “Dengan sopan dia tanya ke saya apakah tidak masalah pinjam tempat saya untuk bertemu temannya,” kata Supri di Mabes Polri.

Saat baru datang, Samad menurutnya mengenakan masker. Ketua KPK itu baru membuka masker setelah berada di dalamm unit apartemen miliknya.

Di dalam, setelah meminta izin, Samad mengatakan kepada Supri bahwa temannya sudah menunggu di bawah. Supriansyah kemudian menjemput orang yang disebut Samad sebagai temannya itu.

“Saat itu saya jemput dia ke bawah. Kemudian kami berkenalan, dia sebut namanya itu Hasto,” katanya.

Selain Hasto, tambahnya, di sana ada juga teman-temannya yang lain. Supri mengaku tidak mengenal siapa saja mereka. Namun setelah melihat televisi usai pertemuan itu, ia tahu salah satu yang bersama Hasto adalah Tjahjo Kumolo.

“Saya baru tahu, dia ternyata Tjahjo,” katanya lagi.

Supri mengaku tidak tahu menahu soal isi pertemuan antara orang yang diduga Ketua KPK dan politisi PDIP itu. Dia juga mengaku tidak berpartisipasi dalam pertemuan tersebut. Belakangan setelah kasus ini ramai, ia dipanggil polisi untuk diperiksa.

Baca Juga :  Uchok Sky Khadafi: Jokowi jangan cuek dengan dana ganda

Supri mengakun sudah menempati unit apartemen tersebut sejak 2003. Ia mengaku sudah mengenal Abraham sejak lama, bahkan mengenalnya dekat sehingga menginzinkan apartemen miliknya dipakai.

Sebelumnya, Abraham Samad dilaporkan oleh Direktur Eksekutif KPK Watch Muhammad usuf Sahide ke polisi. Lembaga swadaya masyarakat itu melakukan pelaporan berdasar artikel “Rumah Kaca Abraham Samad” yang ditulis dalam sebuah blog pribadi.

Samad diduga melakukan pertemuan dengan petinggi PDIP tersebut dan menjanjikan bantuan hukum dalam perkara Emir Moeis. Dalam kasus ini, Samad dituduh akan membantu meringankan hukuman Emir Moeis.

Tulisan dalam artikel itu kemudian dibenarkan oleh Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Saat memberi keterangan, Hasti bahkan memboyong puluhan jurnalis ke apartemen Capital Residence di mana ia mengaku bertemu Samad.

(erny)

 

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button