Home / Populer / Jokowi bisa memutuskan Kapolri sebelum usai Pra-Peradilan BG

Jokowi bisa memutuskan Kapolri sebelum usai Pra-Peradilan BG

Bagikan Halaman ini

Share Button
istan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto.

 

MORAL-POLITIK.com– Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengungkapkan Presiden Joko Widodo terus memantau proses pra-peradilan yang diajukan calon Kapolri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan atas penetapan tersangka dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, Andi mengatakan tidak tertutup kemungkinan presiden akan mengambil keputusan sebelum sidang praperadilan tuntas.

“Tadi Presiden memang mengungkap itu secara langsung kepada Setya Novanto (Ketua DPR) bahwa kalau memang keputusannya sudah bisa diambil oleh Presiden, mungkin saja tanpa menunggu praperadilan Presiden sudah bisa membuat keputusan,” kata Andi di Istana Kepresidenan, Senin (2/2/2015).

Melansir kompas.com, hari ini Presiden Jokowi bertemu dengan pimpinan DPR yang terdiri dari Setya Novanto, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Agus Hermanto, dan Taufik Kurniawan di istanan kepresidenan. Pertemuan itu membahas pula soal pelantikan Budi Gunawan yang sudah diloloskan DPR sebagai calon Kapolri. Menurut Andi, DPR hanya meminta presiden segera mengambil keputusan. Sementara DPR, tambahnya, sudah berkomitmen bahwa akan menghargai apa pun keputusan presiden.

“Tadi ada komitmen dari lima pimpinan DPR bahwa DPR akan solid mendukung keputusan presiden yang pada dasarnya bagi DPR pengangkatan kapolri itu wilayah eksekutif, merupakan prerogatif presiden,” ujar Andi yang sebelumnya dikenal sebagai pengamat pertahanan dan intelijen ini.

Namun, Andi menegaskan hingga saat ini presiden belum mengambil keputusan apa pun. Dia juga belum mengetahui apakah presiden masih akan memanggil tim independen untuk memfinalkan keputusannya.

(erny)

Baca Juga :  Utang Indonesia dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button