Home / Populer / Jonas Salean alihkan Pungutan Retribusi Sampah kepada Ketua RT

Jonas Salean alihkan Pungutan Retribusi Sampah kepada Ketua RT

Bagikan Halaman ini

Share Button
jonasWali Kota Kupang Jonas Salean.

 

MORAL-POLITIK.COM- Pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang memutuskan kerja sama dengan pihak Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kupang soal pemungutan biaya retribusi sampah. Sebagai gantinya, pemungutan retribusi sampah akan dilakukan oleh masing-masing Ketua RT di Kota Kupang.

Wali Kota Kupang Jonas Salean kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Rabu (25/02) mengatakan, Pemkot Kupang saat ini tengah menyusun petunjuk teknis (Juknis) pemungutan retribusi sampah. Jika juknis telah rampung, para Ketua RT sudah bisa melakukan pemungutan retribusi sampah dari warga.

Besaran pemungutan sampah yang akan ditagih dari masyarakat, tambahnya, sama seperti pemungutan yang dilakukan oleh PDAM yaitu sebesar Rp 2500. Jumlah itu menurutnya, masih dalam batas wajar bagi semua kelompok masyarakat. Dia yakin semua masyarakat mampu membayar retribusi sampah karena tidak terlalu memberatkan.

“Kalau Rp 2500 sebulan, setiap harinya masyarakat hanya mengeluarkan biaya tidak sampai Rp 100 untuk membayar retribusi sampah. Jumlah itu menurut saya bisa dibayar oleh masyarakat kalangan bawah sekalipun,” katanya meyakinkan.

“Alasan pemerintah Kota Kupang memutuskan kerja sama dengan pihak PDAM Kabupaten Kupang, soal pungutan retribusi sampah karena pihak PDAM hanya menyetor Rp 44 Juta selama setahun penuh. Padahal kalau jumlah pelanggan sebanyak 30 ribu lebih, dikali Rp 2500, maka setiap tahunnya uang yang dikumpulkan bisa mencapai Rp 800 juta. Tapi karena penyetoran yang cuma Rp 44 juta dirasa tidak wajar oleh pemerintah, maka pungutan dialihkan saja kepada Ketua RT,” pungkas mantan Sekot Kupang dan Staf Ahli Gubernur NTT ini dengan sangat optimisnya.

(nyongky)

Baca Juga :  Ali Maschan Moesa: Masyarakat Butuh Perjuangan Kesejahteraan, Bukan Absensi DPR

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button