Home / Populer / Komnas HAM: “Presiden Buktikan Jaminan Keamanan bagi KPK!”

Komnas HAM: “Presiden Buktikan Jaminan Keamanan bagi KPK!”

Bagikan Halaman ini

Share Button
hamAnggota Komnas HAM, Nur Kholis (tengah) didampingi anggota Komnas HAM Papua Frits Ramandey (kiri) menjelaskan temuan sementara tim pemantau Komnas HAM pada pilpres 9 Juli kemarin.

 

MORAL-POLITIK.COM- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak Presiden Joko Widodo untuk membuktikan janjinya memberikan jaminan keamanan bagi seluruh jajaran di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal itu disampaikan Komisioner Komnas HAM Nur Kholis, setelah menerima adanya informasi intimidasi terhadap sejumlah pegawai KPK.

“Prinsipnya, dalam konflik ini kita mengharapkan negara hadir untuk menjamin rasa aman bagi seluruh warga negara. Jangan sampai ada korban,” ujar Nur Kholis, saat ditemui di Gedung Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/2/2015).

Melansir kompas.com, Nur Kholis mengatakan, Komnas HAM sebelumnya telah memberikan rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo untuk memberikan jaminan keamanan bagi KPK dengan memberikan instruksi kepada Polri. Namun, situasi yang terjadi saat ini, katanya, justru semakin mengindikasikan adanya ketegangan yang semakin meningkat.

Oleh karena itu, tambahnya, Komnas HAM meminta Presiden Jokowi sebagai kepala pemerintahan untuk mengambil peran agar dampaknya tidak terlalu luas. Ancaman dan intimidasi yang saat ini ditujukan kepada Pimpinan KPK, menurut Nur Kholis, menunjukkan bahwa konflik antardua lembaga tersebut semakin dalam.

“Kalau tidak salah, Presiden mengeluarkan pernyataan jaminan bagi KPK dan Polri untuk menjalankan tugas masing-masing. Bagaimana implementasi di lapangan? Itu yang dibutuhkan rekan-rekan di KPK saat ini,” kata Nur Kholis.

(erny)

Baca Juga :  Ini kritik terhadap Satpol PP karena main bongkar paksa

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button