Home / Populer / Mempersoalkan Kombes Victor, ini kata Wakapolri

Mempersoalkan Kombes Victor, ini kata Wakapolri

Bagikan Halaman ini

Share Button
wakapolri Wakapolri Komjen Badrodin Haiti.

 

MORAL-POLITIK.COM- Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Badrodin Haiti mengakui dirinya menandatangani surat keputusan pemindahan Kombes Victor Simanjuntak, anak buah Kepala Lembaga Pendidikan dan Kepolisian Komjen Budi Gunawan, menjadi penyidik dalam kasus Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif Bambang Widjojanto.

“Skep-nya kan saya tanda tangani, bagaimana mau… Penyidik itu diangkat dari skep itu,” ujar Badrodin seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Melansir kompas.com, Badrodin mengaku menandatangani surat pemindahan Viktor dari sebelumnya bertugas di Lemdikpol menjadi penyidik Bareskrim Polri, saat tim penanganan kasus Bambang Widjojanto dibentuk.

“Sekarang sudah di sana (Bareskrim),” imbuh Badrodin.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu menegaskan bahwa tidak ada pelanggaran saat Kombes Viktor menangkap Bambang.

“Sudah itu. Enggak ada masalah. Kenapa sih (Victor) dipersoalkan sekali? Tergantung kita kok. Sepanjang itu penyidik, boleh saja,” tukas Badrodin saat terus ditanya wartawan soal kejanggalan-kejanggalan dalam penanganan kasus Bambang Widjojanto.

Pengacara Bambang mempermasalahkan keberadaan Victor saat penangkapan Bambang. Pasalnya, Victor dianggap bukan penyidik Bareskrim Polri dan merupakan anak buah Budi Gunawan. Kepolisian menjerat Bambang tak lama setelah Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Ombudsman RI menemukan sejumlah maladministrasi dalam penangkapan Bambang. Salah satunya, saat penangkapan, petugas tidak menunjukkan identitas sebagai anggota Polri.

Ombudsman juga menganggap penangkapan terhadap Bambang melanggar undang-undang karena tidak didahului dengan pemanggilan pemeriksaan sebagai tersangka setidaknya setelah dua kali berturut-turut mangkir.

(erny)

Baca Juga :  Peluang dan Tantangan Jokowi-JK atur ulang POLRI

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button