Home / Populer / Mempersoalkan Kombes Victor, ini pernyataan Kabareskrim

Mempersoalkan Kombes Victor, ini pernyataan Kabareskrim

Bagikan Halaman ini

Share Button
soal Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal Budi Waseso, saat ditemui di Ruang Rapat Utama Mabes Polri, Minggu (22/2/2015).

 

 

MORAL-POLITIK.COM- Kepala Bareskrim Komjen Budi Waseso siap bertanggung jawab jika keberadaan Kombes Victor Simanjuntak dalam penangkapan Bambang Widjojanto, 23 Januari 2015 lalu, dilaporkan ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Polri.

“Soal Victor, saya yang tanggung jawab jika itu dilaporkan ke Div Propam Polri,” ujar Budi di kompleks Mabes Polri pada Rabu (25/2/2015) siang.

Melansir kompas.com, Budi menegaskan, keberadaan Victor di dalam tim penyidik perkara hukum Bambang adalah sah dan telah sesuai dengan prosedur. Sebab, kepindahan Victor, lanjut pria yang populer disapa Buwas tersebut, didasarkan pada surat keputusan (skep).

“Ada skep bahwa dia (Victor) jadi pengawas penyidik. Ada surat perintah penyidiknya, itu yang paling penting. Artinya legal, enggak legal gimana?” katanya.

Diberitakan, keberadaan Victor Simanjuntak dalam proses penangkapan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif pada 23 Januari 2015 lalu itu diprotes kuasa hukumnya, Asfinawati. Dia mempertanyakan keberadaan Victor yang dianggap bukan penyidik Bareskrim Polri.

Kuasa hukum Bambang sempat melaporkan penangkapan kliennya ke Ombudsman karena diduga sebagai bentuk kriminalisasi. Nah, dalam surat rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman, ada poin yang meminta Polri menindak Victor lantaran bekerja tidak sesuai pada tugas, pokok, dan fungsinya.

“Ada hubungan apa dengan BG yang dikasuskan di KPK? Tahu sendiri Lemdikpol siapa kepalanya. Berarti ada hubungan erat antara BG dan pamennya yang melakukan penangkapan kepada BW,” kata Asfinawati.

Kombes Victor Simanjuntak membantah tudingan kuasa hukum Bambang yang menyebutkan dirinya adalah anak buah Budi Gunawan. “Saya rasa pihak Bambang Widjojanto telah beropini,” ujar Victor.

Baca Juga :  Jelang penetapan KPU, Veki Lerik yakin Kota Kupang aman terkendali

Victor menegaskan bahwa personel polisi bekerja berdasarkan surat perintah tugas dari pimpinan tertinggi di satuannya. Surat perintah itulah yang menjadi pegangan dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsinya.

(erny)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button