Home / Populer / Pemkot Kupang minta warga jangan takut konsumsi ikan

Pemkot Kupang minta warga jangan takut konsumsi ikan

Bagikan Halaman ini

Share Button
ikanIkan di Tempat Penjualan Ikan (TPI) Kelurahan Fatubesi, Kota Kupang. (Foto: vjb)

 

MORAL-POLITIK.COM- Warga Kota Kupang dihimbau untuk tidak takut lagi mengkonsumsi ikan, sebab semua ikan yang ditangkap oleh nelayan dan penjual ikan di Kota Kupang, hampir dipastikan bebas dari formalin.

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kota Kupang, Thomas Jansen Ga kepada moral-politik.com di ruang kerjanya, Senin (9/2/2015).

Thomas mengatakan, himbauan ini berani ia keluarkan karena berdasarkan hasil penelusuran dinas bersama tim laboratorium yang memeriksa ikan di semua pasar di Kota Kupang, tidak ditemukan adanya kadar formalin dalam ikan yang dijual oleh para pedagang sehingga warga Kota tidak usah takut lagi mengkonsumsi ikan.

Menurutnya, dukungan pengawetan rantai dingin (es) yang baik membuat ikan di pasaran kota bebas dari formalin. Umumnya ikan yang mengandung formalin berasal dari luar Kota Kupang, seperti yang baru-bari ini ditangkap oleh DKP Provinsi yang menangkap 12 ton ikan dengan jenis Tembang, Kembung, dan Lajang (sejenis kombong).

Di kabupaten lain selain Kota Kupang, tambahnya, belum mempunyai pabrik es sehingga mereka menggunankan zat pengawet agar ikan kelihatan lebih segar. Tetapi masyarakat juga tidak perlu khawatir soal masuknya ikan formalin dari kabupaten lain, sebab DKP membuat pengawasan ketat bagi kapal dari luar Kota Kupang yang memasok ikan.

(nyongky)

Baca Juga :  Pengacara Yakin RJ Lino Tak Bersalah, Tantang Penyidik Bareskrim Buktikan

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button