Home / Sejarah / Raja Abdullah II, terjun sendiri serbu ISIS (1)

Raja Abdullah II, terjun sendiri serbu ISIS (1)

Bagikan Halaman ini

Share Button
rajaRaja Abdullah II turun langsung serang markas ISIS. ©2015 Merdeka.com.

MORAL-POLITIK.com– Nama lengkap pemimpin Kerajaan Yordania ini adalah Abdullah II Ibnu al-Hussein. Dia naik tahta pada 7 Februari 1999, setelah ayahnya, Raja Abdullah, mangkat.

Lahir dan besar di Ibu Kota Amman, Abdullah II menunjukkan ketertarikan pada dunia militer sejak kecil. Raja yang kini berusia 53 tahun itu menempuh studi militer di Deerfield Academy, Amerika Serikat.

Pada 1980, Abdullah II semakin menekuni dunia militer, bergabung dengan Royal Militer Academy Sandhurst yang kesohor. Tak cuma belajar seluk beluk komando, dia pun menuntut ilmu hingga ke Pembroke College, Oxford, Inggris untuk mempelajari ilmu politik luar negeri.

Melansir merdeka.com, sekembalinya ke Yordania pada 1993, Abdullah II segera jadi perwira militer. Dia memimpin Pasukan Khusus Yordania, setara Kopassus di Indonesia. Abdullah II juga memiliki pengalaman menerbangkan jet tempur.

Selama bersekolah di AS, Abdullah II mengenal Prabowo Subianto, lalu menjadi dekat satu sama lain. Persahabatan ini terus terjalin, bahkan ketika Prabowo akhirnya tersingkir dari peta perpolitikan Tanah Air akibat reformasi 1998.

raja1
Raja Abdullah II

Abdullah II, ketika itu masih pangeran, tanpa segan menampung Prabowo yang dicari-cari publik Indonesia karena dituding memerintahkan operasi Tim Mawar menculik belasan aktivis anti-Soeharto. Konon, Prabowo disediakan hunian di Ibu Kota Amman.

Persahabatan itu secara terbuka diakui Prabowo dalam wawancara dengan Aljazeera pada 2013. Di Yordania pula, menantu Presiden Soeharto ini… (bersambung)
(erny)

Baca Juga :  Akhirnya ada negara melarang "Pokemon Go" !

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button