Home / Populer / Robohnya Dinding Penahan Longsor, Tanggungjawab Siapa?

Robohnya Dinding Penahan Longsor, Tanggungjawab Siapa?

Bagikan Halaman ini

Share Button
gorong2Robohnya dinding penahan longsor di Jalan Dua Lontar, Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, Provinsi NTT.

 

 

MORAL-POLITIK.com– Robohnya dinding penahan longsor di Jalan Dua Lontar, Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sebelumnya mendapat sorotan dari Komisi III DPRD Kota Kupang, masih menjadi kewajiban CV Orland untuk memperbaiki. Pasalnya, pekerjaan tersebut masih dalam masa pemeliharaan sehingga itu masih menjadi tanggungjawab kontraktor .

“Proses perbaikan itu sudah menjadi kewajiban kontarktor. Namun dengan robohnya dinding penahan longsor tersebut disepanjang aliran kali tersebut  dikarenakan adanya sedikit penyempitan, sehingga saat volume air tinggi maka dorongan air akan keras sehingga muda roboh,” kata Kepala Badan Pengendalian Hidup Daerah Kota Kupang, Eben Dapamerang kepada moral-olitik.com, di Kota Kupang, Selasa (03/2/2015).

Selain itu, tambah Dapemerang dinding penahan tersebut bagian pinggirnya tidak dipadatkan dengan tanah sehingga mudah goyang saat volume air banyak. Hal ini juga, tambahnya, tentunya sudah diperintah pihak PKK agar kontraktor nantinya dalam perbaikan semua harus diuruk sehingga padat agar tidak roboh.

Terpisah, anggota Komisi III, Johanis Ndun mengatakan, robohnya dinding penahan longsor di wilayah Kayu Putih akibat salah konstruksi oleh kontraktor yang mengerjakan. Pasalnya, pemasangan tembok penahan hanya menyusun batu tanpa dipasang campuran, serta bagian belakang dinding penahan juga dibiarkan bolong tanpa ditutupi tanah atau sertu sehingga mudah roboh akibat air deras.

“Kami dari komisi III sudah melakukan pemantauan di lokasi. Pekerjaan oleh CV.Orland tidak bagus, dan hanya mau meraih keuntungan besar tanpa memperhatikan kualitas pekerjaan. Robohnya dinding penahan longsor, maka pekerjaan  belum dinyatakan 100 persen. Mereka harus memperbaikinya,” pungkas dia.

Baca Juga :  Kesalahpahaman Antara Ahok dan Risma yang Berbuntut Panjang

(nyongky)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button