senangGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menemui puluhan pendukungnya, di pendopo Balai Kota, Selasa (3/3/2015).

 

MORAL-POLITIK.COM- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tertawa mengetahui adanya tagar #SaveHajiLulung yang meramaikan linimasa media sosial di Indonesia, khususnya Jakarta, sejak Kamis (5/3/2015) malam.

Basuki mengaku turut senang mengetahui anggota DPRD DKI itu menjadi terkenal. Seperti diketahui, tagar itu menduduki posisi 1 di trending topic Indonesia dan sempat menjadi nomor 5 trending topic sedunia.

“Senang dong Haji Lulung terkenal. Gila, itu di dunia lho jadi trending topic, Haji Lulung nomor 1 dunia,” kata Basuki, di Balai Kota, Jumat (6/3/2015).

Melansir kompas.com, sementara itu, Ketua Fraksi PPP DPRD DKI Jakarta Maman Firmansyah berpendapat, kicauan-kicauan itu dikoordinasi oleh pihak-pihak tertentu yang ingin merusak citra Lulung, sapaan akrab Abraham Lunggana.

Ahok terlihat bingung ketika dimintai komentar tentang pernyataan Maman. Sebab, Basuki juga tidak mengetahui penyebab munculnya tagar tersebut. “Masak gue yang kena? Gue aja enggak tahu,” kata Ahok.

Sebelumnya, berbagai kicauan lucu dilontarkan tentang Lulung melalui tagar #SaveHajiLulung. Tagar ini muncul setelah ramai tagar #SaveAhok. Namun, bukannya untuk membela, isi dari tagar itu malah mengolok-olok Lulung. Bukan hanya kicauan bernada meledek, banyak juga meme atau gambar parodi senada tentang Lulung.

Tagar ini muncul setelah kericuhan yang terjadi seusai rapat mediasi soal APBD 2015 antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD DKI. Menjelang rapat berakhir, Lulung mendebat Basuki yang menyampaikan pernyataan penutup.

Sampai saat ini, Kompas.com belum berhasil meminta tanggapan Lulung terkait tagar #SaveHajiLulung ini. Hari ini dia tidak terlihat berada di kantornya dan ketika dihubungi melalui telepon pun dia tidak menjawab. (vjb)