hattaKetua Umum PAN Hatta Rajasa didampingi Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo saat memberikan keterangan terkait pernyataan Ketua Majelis Pertimbabgan PAN, Amien Rais, Jumat (28/2/2015). Amien menyebut ada ketum parpol menengah di KMP yang berbohong.

MORAL-POLITIK.COM- Ketua Umum DPP PAN, Hatta Rajasa angkat bicara atas tudingan Ketua Majelis Pertimbangan PAN, Amien Rais, yang menyebut dirinya pembohong. Hatta menegaskan, dirinya tidak pernah menutupi apapun dari Amien maupun Koalisi Merah Putih (KMP).

Dalam pembukaan Kongres PAN IV di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Sabtu (28/2/2015) malam, Amien menyindir ada ketua umum partai papan tengah yang berbohong kepada KMP.

Tanpa menyebut nama ketua umum yang dimaksud, Amien mengatakan, ketua umum itu lebih memilih bertemu Ketua DPP Partai Nasdem Surya Paloh dan capres terpilih, Joko Widodo, di kediaman Paloh, daripada ketemu petinggi KMP.

“Yang pertama, tidak ada rahasia dalam pertemuan itu. Itu saya (pergi) bersama dengan saudara Zulkifli Hasan. Saya sudah jelaskan bahwa saya ucapkan selamat,” kata Hatta.

Tak hanya dirinya, mantan Menko Perekonomian itu mengatakan, Jokowi pun telah memberikan penjelasan kepada awak media mengenai pertemuan tersebut. Menurut Hatta, pertemuan tersebut dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan tidak menerima gugatan yang ia ajukan bersama capres, Prabowo Subianto.

“Sebagai mantan calon wakil presiden, dan MK sudah memutuskan, tidak pas jika saya tidak mengucapkan selamat dan memberikan sikap atas keputusan MK tersebut. Oleh sebab itu saya memberikan ucapan selamat. Itu pun di-arrange oleh teman,” katanya.

Hatta menambahkan, setelah bertemu Paloh dan Jokowi, dirinya lantas bertemu dengan sejumlah petinggi KMP. Dalam pertemuan itu, kata dia, salah satu petinggi KMP yang ikut hadir dalam pertemuan adalah Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham.

Lebih jauh, Hatta mengaku, belum pernah bertemu dengan Jokowi dan Paloh kembali setelah pertemuan itu. Menurut dia, setelah pertemuan tersebut, dirinya pergi ke luar negeri untuk beberapa waktu.

Sementara itu, jika melihat pemberitaan berbagai media online seperti yang dikatakan Amien Rais, Ketua Umum PAN Hatta Rajasalah yang saat itu bertemu Jokowi dan Paloh. Pertemuan saat itu memang diadakan tertutup, namun bocor ke media.

Salah satu agenda Kongres IV PAN ini adalah memilih pemilihan ketua umum baru. Hatta yang maju kembali sebagai calon petahana akan ditantang Zulkifli Hasan. Amien Rais sendiri, sudah menyatakan dukungannya kepada Zulkifli. (erny)