gk Ilustrasi: Gereja Kota Kupang.

 

MORAL-POLITIK.COM– Jemaat Lahairoi Kuanheun Desa Kuanheun, Kecamatan Kupang Barat, merasa sangat terbantu dengan pengobatan gratis yang dilakukan oleh Koalisi Rakyat Untuk Hari Perempuan Internasiona (HPI), yang terdiri dari Rumah Perempuan Kupang (RPK), PIAR NTT, dan Lopo Cerdas NasDem NTT.

Demikian dikatakan Pendeta Jemaaat GMIT Lahairoi Kuanheun Ita Fointuna Ndun kepada moral-politik.com disela-sela acara pengobatan gratis bagi jemaat Laharoi Kuenheun, yang berlangsung, Minggu (15/3/2015).

Pdt. Ita mengaku bersyukur Gereja Lahairoi menjadi rumah pengobatan gratis yang dilakukan Koalisi Rakyat Untuk HPI. Menurutnya, di tengah kondisi cuaca seperti saat ini, banyak wabah penyakit yang sering menyerang warga Desa Kuanheun. Namun karena pusat pengobatan sangat jauh. Warga biasanya enggan berobat.

“Bagaimana mereka mau berobat sedangkan puskesmas terdekat jaraknya bisa mencapai 5 hingga 6 kilometer, di Desa Batakte. Jarak yang jauh tidak ditunjang dengan angkutan umum, sehingga warga memilih untuk ke kebun dengan kondisi dari pada harus berobat. Syukur kalau sakit mereka hanya sakit biasa. Tapi kalau sakit yang diderita bisa membahayakan jiwa mereka, itu yang sering dikhawatirkan,” katanya.

Menurutnya, bantuan pengobatan yang dilakukan oleh Koalisi Rakyat untuk HPI sangat berharga bagi masyarakat dan jemaat Kuanheun, sehingga dirinya mengucapkan limpah terima kasih kepada panitia Koalisi yang memilih tempat pengobatan yang pas dan sangat dibutuhkan masyarakat.

Ia juga berharap agar pengobatan-pengobatan gratis seperti ini dapat dilakukan secara rutin agar masyarakat disini bisa merasakan pelayanan kesehatan, yang selama ini tidak mereka dapatkan dengan baik.

Pantauan media ini di Lokasi pengobatan Gratis, ratusan warga jemaat dan warga sekitar datang berduyun untuk mengikuti pengobatan gratis dan medical chek up. Warga yang tidak sakit juga turut datang sekedar mengecek kondisi kesehatan mereka.

Hadir dalam kegiatan pengibatan gratis, Koordinator Koalisi Rakyat untuk HPI, Libby Ratuarat, Direktris PIAR NTT, Sarah Leri Mboeik, serta perwakilan daro Lopo Nasdem NTT.

Libby Ratuarat disela-sela acara pengobatan mengaku, tujuan dari pengobatan gratis untuk memberikan pelayanan kesehatan yang kepada masyarakat yang berada pinggirin Kota. Menurutnya, Kesehatan menjadi salah satu indikator penting dalam menumbuhkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sehingga pada moment HPI kali ini, koalisi rakyat tidak sekedar melakukan kampanye-kampanye saja, tetapi Koalisi HPI juga memberikan karya nyata dengan melakukan kegiatan amal untuk membantu masyarakat. (nyongky)