brsPresiden Jokowi dalam kunjungannya ke salah satu Gudang Beras Bulog di, Jakarta Utara, Rabu (25/2/2015).

 

MORAL-POLITIK.COM- Presiden Joko Widodo menyindir para menteri yang tidak melaporkan perkembangan harga beras kepadanya. Setelah operasi pasar dan penggelontoran beras miskin kurang lebih tiga pekan lalu, belum ada menteri yang melaporkan kepadanya mengenai perkembangan harga beras di pasar.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku telah mengecek sendiri harga beras di Pasaran. “Kemarin saya cek sendiri, orang-orang saya mengenai ini dan hasilnya akan saya sampaikan pada sore ini. Meskipun ini adalah terbalik, mestinya saya dilapori tapi ini saya akan menyampaikan karena saya tunggu-tunggu tidak ada yang lapor,” kata Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Minggu (15/3/2015).

Melansir kompas.com, rapat kabinet ini rencananya dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, serta Kepala Badan Urusan Logistik.

Dijadwalkan pula Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Basuki Hadimuljono, serta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Rencananya, selain soal beras, rapat kabinet terbatas akan membahas masalah pelemahan nilai tukar rupiah.

Setelah menyindir para menteri yang tidak melapor, Jokowi lantas menyebutkan harga beras terbaru sesuai data yang Ia peroleh. Menurut Jokowi, kenaikan harga beras hanya Rp 100 rupiah per liter setelah dilakukan operasi pasar.

“Yang pertama, yang ada di Pasar Cipinang IR3 sebelum naik harganya 7.800 naik 10.300, sekarang sudah 7.900 artinya hanya terpaut 100 rupiah. Kemudian IR 2 yang sebelumnya naik harga Rp 8.300 naik menjadi Rp10.500 sekarang sudah Rp 8400 hanya terpaut 100 dari sebelumnya,” pungkas Jokowi. (erny)