jonWali Kota Kupang Jonas Salean kala jedah pada acara Musrembang Provinsi NTT, Selasa (31/3/2015) di Aula Kantor Gubernur NTT. (Foto: vjb)

 

MORAL-POLITIK.com – Dari 50 Kuota Listrik Gratis yang diberikan pihak Perusahan Listrik Negara (PLN) Cabang Kupang, sebanyak 40 Kuota telah disalurkan oleh pemerintah lewat Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kota Kupang kepada warga Kota yang belum merasakan penerangan listrik.

Wali Kota Kupang Jonas Salean melalui Kepala Distamben Kota Kupang, Gabriel Kahan mengatakan kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Selasa (31/3/2015), kuota yang diberikan kepada masyarakat berdasarkan hasil verifikasi yang ketat. Warga yang menerima bantuan merupakan warga yang belum pernah merasakan penerangan listrik di rumahnya.

“Sementara sisa 10 kuota yang belum tersalurkan, kami masih memverifikasi nama calon penerima listrik gratis layak atau tidak. Jika calon penerima layak sesuai ketentuan maka kuota akan segera disalurkan,” katanya.

Dia mengatakan, kuota listrik gratis yang diberikan oleh PLN untuk membantu masyarakat Kota Kupang, dan bantuan ini selalu diberikan oleh pihak PLN kepada Pemkot Kupang setiap tahunnya dengan kuota terbatas.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Kupang, Paulus Manafe mengaku sangat menghargai bantuan yang diberikan oleh PLN.

“Saat ini banyak warga kota yang belum bisa menikmati listrik, meskipun mereka berdomisili di tengah Kota Kupang. Warga yang belum mempunyai meteran listrik sendiri, rata-rata berasal dari keluarga tidak mampu,” katanya.

Tingginya Biaya pemasangan listrik baru yang membuat warga dari kalangan tidak mampu, tambahnya, sulit untuk memenuhi kebutuhan penerangan dirumah mereka.

“Oleh karena itu, bantuan PLN kepada masyarakat Kota Kupang, sangat bermanfaat bagi warga Kota. Ia juga berharap agar Kuota listrik bagi warga Kota Kupang bisa ditingkatkan oleh pihak PLN, agar semua masyarakat tidak mampu di Kota Kupang nbisa menikmati penerangan listrik,” pungkas dia. (nyongky)