Home / Populer / Kepala BI Cabang Kupang: Pertumbuhan Ekonomi di NTT Lambat

Kepala BI Cabang Kupang: Pertumbuhan Ekonomi di NTT Lambat

Bagikan Halaman ini

Share Button
rokokSituasi di Pasar Ikan Kelurahan Fatubesi, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Foto: Regen Mesah)

 

MORAL-POLITIK.com – Perekonomian Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tahun 2014 mengalami perlambatan dibanding tahun 2013 yang lalu. Namun perlambatan itu sedikit lebih baik dari pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Kepala Bank Indonesia (BI) Cabang Kupang, Naek Tigor Sinaga mengatakan ini kepada wartawan pada Acara Jumpa Pers tentang Perekonomian NTT, di Kantor BI Cabang Kupang, Selasa (24/3/2015).

Dia mengatakan, kinerja perekonomian NTT pada tahun 2014 mencapai 5,04 persen (years on years). Melambat dibanding tahun 2012 sebesar 5,42 (yoy). Namun pencapaian kinerja perekonomian Provinsi NTT pada tahun 2014 lebih tinggi dibandingkan nasional yang hanya sebesar 5,02 persen (yoy)

Menurutnya, dari sisi penggunaan, pelambatan ekonomi Provinsi NTT pada tahun 2014 disebabkan oleh melambatnya kinerja konsumsi rumahtangga dan peningkatan impor dari daerah lain. Kegiatan konsumsi, terutama konsumsi rumahtangga tumbuh sebesar 5,59 persen (yoy) melambat dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 6,19 persen (yoy). Selain itu pertumbuhan net impor dari daerah lain yang mencapai 36,41 persen (yoy) mendorong perlambatan ekonomi di Provinsi NTT.

Selain itu, tambahnya, dari sisi sektoral, dua sektor utama yaitu administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib serta perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor mengalami perlambatan, sementara sektor pertanian, kehutanan dan perikanan mengalami pertumbuhan.

“Penurunan realisasi pada belanja provinsi dan Kabupaten/kota di Provinsi NTT baru mencapai 63,7 persen, diduga menjadi salah satu fakttor terjadinya perlambatan ekonomi tahun 2014,” pungkas dia. (nyongky)

Baca Juga :  Teganya Sekretaris KPU bunuh selingkuhannya di mobil dinas

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button