karoKepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi NTT Lambertus L. Ibi Riti.

 
MORAL-POLITIK.COM- Keluarga besar Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama dengan Persatuan Dharma Wanita Sub Unit Biro Humas Provinsi NTT melakukan kunjungan ke kelurahan Baumata Timur. Agenda kunjungan ini selain memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu dan anak, agenda lainnya adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan penanaman anakan pohon.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Daerah Provinsi NTT Lambertus L. Ibi Riti dalam sambutannya mengatakan, kelurahan Baumata adalah lokasi yang memiliki kondisi suhu alam yang lembap, subur dan cocok untuk menanam segala jenis pohon. Anakan yang ditanam adalah mahoni dan kayu besi.

Program gerakan menanam ini, tambahnya, merupakan program mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu program gerakan menanam 1 milyar pohon.

“Pentingnya menanam adalah tidak lain untuk menjaga asupan air tetap ada, mencegah kekeringan dan banyak dampak positif yang didapatkan,” pungkas dia.

Melansir Siaran Pers Biro Humas Setda NTT yang dikirim kepada moral-politik.com, lokasi penanaman ini terletak di sekitaran sumber air yang terletak di Kelurahan Baumata Timur. Warga telah menyiapkan ratusan jenis anak pohon yang ditanam bersama keluarga besar Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi NTT.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Baumata Timur, Daniel Bethan dalam sambutan singkatnya mengatakan, kunjungan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Daniel Bethan juga menyatakan sangat mendukung program pemerintah ini. Dengan memperoleh informasi kesehatan lingkungan mendorong dan memotivasi masyarakat untuk memulai pola hidup sehat. Lingkungan bersih, tubuh bersih, tentu masyarakat tidak akan sakit. Informasi ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat terlebih masyarakat di pelosok-pelosok, salah satunya adalah Kelurahan Baumata Timur. Selain itu, tambahnya, kegiatan menanam yang di adakan oleh Biro Humas Setda NTT ini merupakan aksi sosial yang sangat bermanfaat bagi daerah ini. Tanam menanam ini bertujuan untuk menjaga agar sumber mata air tetap ada.

Pada kunjungan ini hadir pula drg. Maria K. Setiyawati yang tergabung dalam dalam Persatuan Dharma Wanita Sub Unit Biro Humas Setda NTT. Setiyawati juga ikut memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat Kelurahan Baumata Timur tentang bagaimana memelihara kebersihan gigi dan mulut yang dibangun dalam keluarga.

Pada kesempatan itu juga, Helena Tomalowair, staf Sekretariat Terpadu (SPADU- KIPLI Bapeda Provinsi NTT) hadir untuk memberikan penyuluhan kesehatan. Isu yan diangkat adalah soal Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan 4 standar emas makanan bayi dan anak.

Dengan memperoleh informasi ini, Helena berharap masyarakat Kelurahan Baumata Timur dapat membangun pola hidup sehat mulai dari keluarga, lingkungan dan masyarakat.

Pada kesempatan yang humanis itu, hadir pula Kepala Biro Humas, Lambertus L. Ibi Riti, Kepala Bagian Pers dan Kajian, Victor Manek, Kepala Desa Kelurahan Baumata Daniel Bethan, Karyawan Biro Hubungan Masyarakat Setda NTT, Persatuan Dharma Wanita Unit Biro Humas Setda NTT, Tim PKK Kelurahan Baumata, Tim Kader Posyandu Kelurahan Baumata dan para ibu hamil, menyusui, serta warga daerah setempat.

Kunjungan ke Kelurahan Baumata ini mendapat sambutan yang baik dari warga Baumata. Warga berharap kunjungan ini akan dilanjutkan pada waktu mendatang agar pola hidup sehat masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak tetap akan terbangun di kelurahan ini. Selain itu dengan berpartisipasi dalam gerakan menanam pohon, kita telah mengambil bagian dalam menciptakan lingkungan yang asri dan sumber mata air yang tetap terjaga. Inilah harapan dari kepala Biro Hubungan Masyarakat Setda Provinsi NTT. (erny/nyongky)