natalUniversity of Colorado Ilustrasi fenomena

MORAL-POLITIK.COM- Aurora misterius terdeteksi di Planet Mars. Fenomena itu ditangkap oleh wahana Mars Atmosphere and Evolution Volatile Mission (Maven) milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada 18-23 Desember 2014 lalu. Hingga kini, ilmuwan belum bisa menjelaskannya.

Melaporkan dalam konferensi Lunar and Planetary Science di Texas pada Rabu (18/3/2015), Bruce Jakosky yang memimpin misi Maven mengatakan, “Data (yang menunjukkan adanya fenomena aurora) spektakuler.”

Melansir kompascom, Aurora di Bumi dan Mars yang terlihat sebelumnya biasa terdeteksi di kutub dan disebabkan oleh interaksi partikel berenergi dari Matahari dengan magnetosfer dari planet.

Aurora yang disebut “Cahaya Natal” ini berbeda, terlihat pada lintang yang lebih rendah. “Kami melihat ini tak berhubungan dengan area magnetik. Kami tak tahu ini cuma terjadi di satu tempat atau terdistribusi secara global,” kata Jakosky, seperti dikutip New Scientist, Rabu.

Menurut Jakosky, pada saat aurora terjadi, Matahari memang aktif mengirimkan elektron. Mungkin, aurora disebabkan oleh hal itu, tetapi prosesnya belum diketahui. Tim Maven masih akan terus menyelidiki.

Selain fenomena aurora, Jakosky juga melaporkan menemukan adanya debu yang menyelimuti Mars pada ketinggian antara 150 dan 300 km. “Ini sangat tak terduga,” kata Jakosky seperti dikutip BBC, Rabu.

Diduga, debu berasal dari bulan Mars, Phobos dan Deimos. Namun, mekanisme hingga debu itu menyelimuti Mars belum diketahui. “Jika ini berasal dari atmosfer, maka kita kehilangan satu proses fundamental,” kata Laila Andersson, anggota tim Maven. (erny)