lungWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersalaman dengan anggota DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana di acara Lebaran Betawi di Jakarta, Minggu (14/9/2014).

 

MORAL-POLITIK.COM– Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham “Lulung” Lunggana menyebut Sekretaris Daerah Saefullah mewakili Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama pernah mendatangi kediaman Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi saat subuh.

Kedatangan Saefullah itulah yang menjadi awal tuduhan suap sebesar Rp 12,7 triliun oleh Basuki.

“Sekda datang ke rumah pimpinan kasih bundel seharga Rp 12,7 triliun. Ini ada tanah dan lain-lain buat DPRD,” ujar Lulung di gedung DPRD DKI, Selasa (3/3/2015).

Melansir kompas.com, Lulung mengatakan, Prasetyo menginformasikan soal kedatangan Saefullah kepada anggota Dewan lainnya. Suap tersebut dilakukan agar DPRD DKI dapat memperlancar urusan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Menurut Lulung, setelah diberi tahu oleh Prasetyo, semua anggota Dewan kompak menolak. Tidak banyak rincian barang yang disebut-sebut ditawarkan Saefullah dalam menyuap DPRD. Lulung hanya ingat ada anggaran sebesar Rp 6 triliun untuk tanah.

“Bayangkan tanah apa Rp 6 triliun,” ujar Lulung. Pengacara DPRD DKI, Rasman Arif Nasution, pun mengatakan, dugaan suap ini akan dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya, Ketua Tim Hak Angket Muhammad Ongen Sangaji menuding Ahok telah menyuap Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi sebesar Rp 12,7 triliun.

Ongen mengatakan, dana sebesar itu dimaksudkan untuk membeli sejumlah peralatan. “Ini yang berkembang di Dewan. Ahok menyuap Ketua Rp 12,7 triliun. Ini buktinya ada. Menurut Ketua DPRD, ini penyuapan. Ini di RAPBD 2015 nih,” ujar Ongen kemarin.

Ongen mengatakan, Basuki menyuap agar dapat memasukkan pengadaan alat berat, tanah, pembebasan lahan, dan alat-alat kesehatan. Ongen mengklaim DPRD DKI memiliki bukti kuat mengenai hal tersebut.

Bukti tersebut berupa berkas dokumen dari Basuki. Ongen mengatakan, hal ini dapat terungkap sejak Ketua DPRD DKI mulai membuka suara. (erny)