Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi pose bersama Wali Kota Kupang Jonas Salean, dan para Dokter RSUD Kota Kupang

 

MORAL-POLITIK.COM – Untuk menunjang kinerja dan kelancaran tugas dari Kepala Puskesmas di Kota Kupang, Walikota Kupang berjanji akan memberikan Mobil dinas bagi 10 kepala puskesmas.

Demikian disampaikan Walikota Kupang Jonas Salean kepada Moral-politik.com di Kota Kupang, Senin (23/3/2015).

Jonas Salean mengatakan, pasca ditingkatkan status Puskesmas menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), pemerintah merasa perlu mengadakan mobil dinas bagi 10 Kepala Puskesmas di Kota Kupang.

“Selama ini Kepala Puskemas menggunakan mobil ambulance sebagai kendaraan operasional, sehingga pemerintah merasa perlu memperhatikan pimpinan Puskesmas dengan menyiapkan kendaraan dinas yang layak bagi mereka,” tambahnya.

Untuk memperjuangkan anggaran pengadaan mobil dinas bagi Sepuluh Kepala Puskesmas, Jonas Salean mengaku, akan mengajukan anggaran pada sidang perubahan anggaran tahun 2015. Pemerintah akan mengusulkan dulu pengadaan 5 unit mobil dinas. Sedangkan sisanya akan diusulkan pada Anggaran Murni Tahun 2016 mendatang.

Secara terpisah, Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Kupang, Yapy Pingak mengaku setuju dengan niat Jonas Salean  untuk menganggarkan anggaran pembelian mobil dinas bagi Kepala-kepala Puskesmas di Kota Kupang.

“Selama ini kepala Puskesmas hanya menggunakan mobil ambulance sebagai kendaraan operasional, dan itu terasa sangat tidak layak, karena mobil ambulance diperuntukan untuk mengangkut orang yang sakit, dan bukannya untuk kendaraan operasional bagi seorang Kepala Puskesmas. Komisi mendukung kebijakan yang diambil Wali Kota Kupang,” pungkas dia. (nyongky)