Home / Populer / Mimpi jadikan Puskesmas yang terbaik di Kota Kupang

Mimpi jadikan Puskesmas yang terbaik di Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
puskesmas-pasir-panjangPuskesmas Pasir Panjang.

 

MORAL-POLITIK.COM- Pasca ditetapkannya 10 Puskesmas di Kota Kupang menjadi Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), Puskesmas harus memfungsikan diri untuk memberikan pelayanan terbaik, apalagi sejak 1 Januari 2015 pemerintah pusat memberlakuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Karena itu, terus diupayakan agar puskesmas menjadi BLUD, agar tata kelola keuangan secara mandiri untuk menjamin pelayanan terbaik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Ary Wijanah kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Rabu (18/3/2015) ketika dimintai komentarnya soal pengalihan Puskemas menjadi BLUD.

Dia mengatakan, untuk Kota Kupang, sepuluh Puskesmas telah diproklamirkan menjadi Puskesmas Reformasi. Selanjutnya didampingi agar lebih maju dan menjadi BLUD. “Kemudian baru diproses untuk akreditasi Puskesmas,” tambahnya.

Menurutnya, Kota Kupang sudah melaksanakan Puskesmas Reformasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, dan perbaikan pelayanan kepada masyarakat di puskesmas. “Saat ini keluhan masyarakat mulai berkurang. Walau masih ada masalah yang diadukan tapi hanya satu-dua yang mengeluh saat datang di puskesmas perawat dan dokter tidak ada, tapi tak sebanyak dulu,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada para kepala puskesmas yang telah membawa perubahan sehingga pelayanan puskesmas lebih baik, dan hasilnya sangat memuaskan.

Dengan pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS, ada dana kapitasi yang cukup besar untuk Puskesmas. Tetapi, dana itu hendaknya dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga tak menjadi objek temuan dan masalah dalam pertanggungjawaban nantinya.

Kehadiran BLUD, pungkas dia, merupakan modal tanggung jawab kepada masyarakat. Walau sederhana tetapi dampaknya sangat luas. Dengan mengelola sendiri anggaran, maka perlu transparansi pengelolaan di dalam puskesmas. “Harapkan mulai tahun ini bersama BPKP berani mulai,” katanya. (nyongky)

Pencarian Terkait:

  • gambar puskesmas di ntt
Baca Juga :  Faizal Assegaf: Tanda-tanda kejatuhan rezim Jokowi-JK...

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button