jsiWali Kota Kupang Jonas Salean pada acara Bulan Bhakti Karang Taruna.

 

MORAL-POLITIK.COM- Atas keberhasilan memimpin Kota Kupang dalam Tiga tahun terakhir ini, nama Wali Kota Kupang Jonas Salean mulai dilirik partai politik untuk dicalonkan kembali menjadi calon Wali Kota Kupang. Salah satu partai yang sudah menyatakan tertarik untuk meminang dan mengusung Jonas Salean menjadi calon Wali Kota Kupang untuk kali keduanya, adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kota Kupang Djainudin Lonek ketika ditemui moral-politik.com di kediamannya, di Kelurahan Kuanino, Kota Kupang, Minggu (1/3/2015) mengatakan, Jonas Salean merupakan sosok Wali Kota Kupang yang telah membawa perubahan yang besar di Kota Kupang. Semenjak mengambil alih kepemimpinan dari Wali Kota terdahulu, Daniel Adoe, gebrakan yang dibuat Jonas Salean untuk memajukan Kota Kupang terbilang luar biasa.

“Saya tidak mengada-ada soal keberhasilan Wali Kota Jonas Salean. Dia berhasil menaikan Angka PAD dari tahun 2012 yang hanya berjumlah Rp 50 miliar menjadi Rp120 miliar di tahun 2014. Dengan berhasilnya menghimpun PAD yang cukup besar, dana itu kemudian dipakai untuk membangun infrastruktur jalan dan jembatan di Kota Kupang,” katanya mengurai detail.

Selain itu, tambahnya, program-program Wali Kota yang berpihak kepada rakyat kecil juga menjadi perhatian tersendiri dari DPC PPP Kota Kupang. Program yang dimaksud adalah Pemberian Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) bagi usaha kecil, Pelayanan Kesehatan Mobile lewat Brigade Kupang Sehat (BKS), Santunan Kematian Bagi Keluarga Tidak mampu sebesar Rp 2,5 juta, Raskin Gratis, dan yang terakhir beasiswa miskin bagi 1000 anak yang hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Program-program itu yang membuat DPC PPP tertarik menggandeng Jonas Salean.

Dia mengatakan, meskipun DPC PPP Kota Kupang mempunyai niat yang besar untuk mengusung Jonas Salean dalam pemilu kada tahun 2017 mendatang, namun dirinya belum bisa memastikan, apakah bisa atau tidak PPP mengakomodir Jonas Salean dalam pemilu kada, karena penetapan dukungan dalam pemilu kada merupakan kewenangan dari DPP. Tetapi sebagai Ketua DPC, dan Anggota DPRD Kota Kupang, dirinya berjanji akan memberikan pertimbangan kepada pihak DPP PPP soal kepemimpinan yang baik dari Jonas Salean selama memimpin Kota Kupang.

Sementara ketika disinggung apakah sebagai Ketua DPC, dirinya punya keinginan maju mendampingi Jonas Salean sebagai Calon Wakil Wali Kota dalam Pilkada tahun 2017 mendatang, Djainudin mengaku dirinya masih sangat muda dan belum berniat untuk terjun di jenjang politik yang lebih tinnggi. Dirinya mengaku masih belum memiliki kematangan dari segi emosional, intelektual serta kemapanan dari sisi financial.

“Saya sadar masih banyak memiliki kelemahan, dan belum berniat untuk maju lebih jauh. Masih banyak kader dalam internal partai maupun, calon-calon pemimpin yang mempunyai kapasitas untuk diusung oleh PPP. Saat ini saya masih memilih untuk tidak buru-buru terjun dalam kancah politik yang lebih tinggi. Banyak kader calon wakil yang bisa diusung oleh PPP dan salah satunya adalah Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Kamilus Selly Tokan,” pungkas dia. (nyongky)