risna Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (tengah)

 

MORAL-POLITIK.COM- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan disebut tak akan lagi mengusung Tri Rismaharini sebagai calon Wali Kota Surabaya. Partai lain seperti Demokrat pun membuka peluang untuk mengusung Risma.

Melansir detik.com, Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukriyanto mengatakan, ada kemungkinan partainya mencalonkan Risma sebagai Wali Kota Surabaya. Menurut dia, pihaknya terbuka dengan siapapun sebagai calon kepala daerah dalam pilkada.

“Demokrat terbuka dengan siapapun. Tapi standingnya bukan dekat, tapi standingnya menang,” kata Didik di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Didik mengisyaratkan pengusungan Risma ini jika memang Partai Demokrat belum memiliki calon berkompeten untuk bertarung di Pilwalkot Surabaya. Acuan ini sebagai strategi partai untuk memenangkan pertarungan.

Apalagi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai sudah melakukan survei untuk daerah-daerah yang akan bertarung di Pilkada

“Kalau memang di Surabaya belum ada calon yang berkompeten untuk menang, kami gunakan calon lain. Apakah calon kami melapis nomor duanya, kami sedang jalankan. DPP juga sudah survei daerah-daerah yang akan pilkada,” tutur Sekretaris Fraksi Demokrat di DPR itu.

Disinggung soal profil Risma, Didik mengakui bahwa walikota perempuan pertama di Surabaya itu memiliki prestasi kinerja yang baik. Salah satu keberhasilan Risma adalah bisa membangun komunikasi dengan masyarakatnya.

“Di Surabaya Bu Risma cukup bagus. Kedekatan dengan publik baik, kinerjanya juga. Risma salah satu kader terbaik di sana. Kami membuka diri tinggal bagaimana melihat komitmen serta visi yang sama,” pungkas dia. (erny)