Home / Populer / Soal ‘UN Online’ di NTT, ini kata Piter Manuk

Soal ‘UN Online’ di NTT, ini kata Piter Manuk

Bagikan Halaman ini

Share Button
pmKepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Sinun Manuk Petrus (Piter Manuk).

 

MORAL-POLITIK.COM- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas PK) baru mengusulkan ke kementrian pendidikan dan kebudayaan agar pada tahun 2016 mendatang semua Kabupaten/Kota di daerah ini mendapat masing-masing satu sekolah untuk UN Online.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Sinun Manuk Petrus alias Piter Manuk mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar pelaksanaan UN tahun 2016 secara online bisa dilaksanakan minimal satu sekolah di setiap kabupaten/kota yang ada di NTT.

“Saya sudah sampaikan kepada tim dari Pusat agar setelah UN Online tahun ini yang menjadi pilot project, tahun depan pelaksanaan UN Online harus dilaksanakan di semua kabupaten/kota minimal masing-masing kabupaten/kota satu sekolah,” katanya kepada moral-politil.com di ruangan kerjanya, Rabu (18/3/2015).

Ditanya, apa tanggapan tim dari Kemendikbud atas usul tersebut, mantan Kadis Sosial NTT ini mengatakan, mereka nantinya membawakan usulan tersebut untuk dibahas di tingkat kementerian. Namun dia berkeyakinan, tahun depan akan ada penambahan jatah untuk NTT. “Tahun ini kan hanya satu sekolah di NTT yakni SMKN 1 Kupang, kemungkinan tahun depan akan bertambah lagi jumlahnya,” tambahnya.

Menurut Manuk, pelaksanaan UN dengan sistem online ternyata jauh lebih mudah dibandingkan dengan UN manual yang berlaku selama ini. Misalnya, kalau UN manual, peserta jika salah menghitamkan kolom sesuai pilihan, tidak bisa terbaca komputer. Tetapi kalau UN Online, tinggal klik saja pilihan dan tidak akan pernah terjadi kesalahan.

“Konsekuensi dari pelaksanaan UN Online tersebut, tentu harus ada tambahan dana untuk memenuhi sarana dan prasarana penunjang seperti komputer, kapasitas listrik dan Telkom,” pungkas dia. (sem)

Baca Juga :  Massa GAPA bakar Baliho Peter Zulkifli

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button