Home / Populer / Standar Kelulusan UN Rendah, ini kata DPRD Kota Kupang

Standar Kelulusan UN Rendah, ini kata DPRD Kota Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
lantikPelantikan 40 Anggota DPRD Kota Kupang.

MORAL-POLITIK.COM- Dengan standar Ujian Nasional yang hanya 5,5, Komisi IV menilai standar tersebut terlalu rendah. Namun komisi berharap pihak sekolah di Kota Kupang dapat mempersiapkan siswa peserta UN secara baik agar presentasi kelulusan pada tahun 2015 ini bisa lebih baik dari tahun 2014 lalu.

“Standar kelulusan dinillai sangat rendah, namun sudah ditetapkan oleh kementerian. Maka itu pihak sekolah jangan merasa mudah dicapai sehingga melakukan persiapan setengah-setengah. Untuk mencapai standar tersebut butuh persiapan anak didik secara matang, sehingga saat UN mereka sudah siap,” kata Anggota Komisi IV, Ewalda Taek kepada moral-politik.com di ruang Komisi DPRD Kota Kupang, Selasa (3/3/2015).

Dia mengatakan, dengan adanya standar nilai UN pihak sekolah perlu melakukan persiapan secara baik,.Apa lagi hasil penentuan sekolah dikembalikan ke sekolah,jangan sampai ada siswa yang tidak bisa diluluskan malah diluluskan.

Selain itu, tambahnya, peran orang tua dan sekolah sangat penting. Karena dengan standar kelulusan yang sudah ditetapkan peluang tidak lulus bagi siswa juga sangat besar. Gengsi sekolah juga dipertaruhkan dalam hal ini. Untuk itu diharapkan semua pihak berperan aktif.

Pada kesempatan itu, dia juga bepersan kepada pihak sekolah harus objektif dan jujur dalam penentuan kelulusan siswa.

“Saya mengharapkan sekolah harus objektif dan jujur dalam penilaian. Biasanya sekolah tidak adil dalam menerapkan kelulusan. Kalau ada anak pejabat, biasanya pihak sekolah memberikan dispensasi tersendiri, meskipun anak tersebut, nilainya tidak memenuhi standar kelulusan. Hal-hal itu harus bisa dihindari agar hasil UN mampu menghasilkan generasi yang pintar dan bisa diandalkan dikemudian hari,” pungkas dia. (nyongky)

Baca Juga :  Tahap penyelidikan, KPK periksa 30 saksi terkait kasus Sumber Waras

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button