Home / Populer / Jokowi Bicara Soal Utang Luar Negeri…

Jokowi Bicara Soal Utang Luar Negeri…

Bagikan Halaman ini

Share Button
jokowi1Presiden Joko Widodo memberikan sambutan sebelum membuka Asian African Business Summit di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Selasa (21/4/2015). Asian African Business Summit yang merupakan rangkaian kegiatan dari Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika mengangkat tema ‘Realization of Asia-Africa Partnership for Progress and Prosperity’.

 

MORAL POLITIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, negara boleh mengambil utang luar negeri asal untuk kegiatan produktif.

“Utang enggak apa-apa, asal dipakai untuk (kegiatan) produktif,” kata Presiden ketika mencanangkan Program Sejuta Rumah di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015), seperti dikutip Antara.

Melansir kompas.com, Presiden mencontohkan kegiatan produktif itu, misalnya, untuk membangun jembatan, jalan, atau infrastruktur lain.

“Kalau pinjaman untuk bayar subsidi itu keliru,” tukasnya.

Presiden juga menyebutkan bahwa saat ini Indonesia masih memiliki utang sekitar Rp 2.600 triliun.

“Kita masih utang di WB dan ADB. Total utang ada sekitar Rp 2.600 triliun, baik bilateral maupun multilateral,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengajak bangsa Indonesia untuk optimistis bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar.

“Jangan pesimistis, kita bisa jadi besar. Kita nomor empat penduduk terbesar di dunia. Di KAA, mereka memandang kita,” imbuhnya.

Menurut Presiden, sikap rendah hati memang diperlukan. Namun, Indonesia juga harus mampu menunjukkan dirinya sebagai bangsa besar.

“Rendah hati perlu, tetapi kadang-kadang kita harus sombong, ini loh Indonesia,” kata Jokowi. (vjb)

Sumber: kompas.com

Baca Juga :  Yacoba minta terdakwa kasus pembebasan lahan di Alor dibebaskan

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button