Home / Populer / Jusuf Kalla bicara soal Haram dan Halal…

Jusuf Kalla bicara soal Haram dan Halal…

Bagikan Halaman ini

Share Button
jkWakil Presiden Jusuf Kalla.

 

MORAL POLITIK – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla secara resmi membuka Muktamar III Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Indonesia, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Dalam sambutannya, Kalla menegaskan, urusan ekonomi syariah tidak seharusnya dibuat pusing. Kalla mengatakan, banyak yang menyangka bahwa urusan syariah identik dengan bahasa Arab. Padahal, sebenarnya syariah hanya perkara haram atau halal. Dia menyatakan, yang dimaksud haram dalam bisnis itu sangat sederhana.

“Selama bukan judi, spekulasi, tidak menjual babi, alkohol, dan prostitusi, ya halal semuanya. Jadi, tentang (syariah) ini lebih sederhana dari yang diperkirakan,” kata Kalla.

Melansir kompas.com, Kalla menyadari, peran ekonomi syariah, khususnya perbankan syariah di Indonesia, belum sebaik peran perbankan konvensional. Dari jumlah lembaga keuangan syariah, Indonesia menempati urutan ketiga terbesar negara yang memiliki lembaga keuangan syariah terbanyak.

“Tetapi, dari aset, Indonesia di peringkat sembilan. Masih kecil, hanya 35,63 miliar dollar AS. Artinya, lembaga banyak, tetapi asetnya kecil. Berarti masing-masing lembaga itu asetnya kecil,” ucap Kalla.

Menurut Kalla, hal tersebut disebabkan salah satunya adalah kurangnya pemahaman masyarakat akan konsep syariah, bahkan di kalangan pebisnis atau pelaku usaha. “Jangan pikir ada pengusaha naik haji berkali-kali terus dia akan datang ke bank syariah dan berbisnis. Belum tentu, karena pasti akan ditanya, bisa untung atau tidak?” pungkas dia.

Atas dasar itu, Kalla menuturkan perlunya mengedukasi masyarakat akan konsep syariah, di samping membuat konsep syariah itu sendiri menjadi membumi. (erny)

Baca Juga :  KBRI takkan loloskan polisi Malaysia pemerkosa WNI

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button