Home / Populer / “Paska Pelantikan BG sebagai Wakapolri suasana akan kembali gaduh?”

“Paska Pelantikan BG sebagai Wakapolri suasana akan kembali gaduh?”

Bagikan Halaman ini

Share Button
sosiologSosiolog Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola

 

 

MORAL POLITIK – Pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Wakapolri dikhawatirkan menimbulkan kontroversi baru antara Polri dengan Komisi Pemberantasan Korupsi. Sekalipun, lembaga antirasua itu disebut-sebut telah menerima keputusan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi Polri yang menunjuk Budi Gunawan sebagai pendamping Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Situasi politik kian gaduh dengan dilantiknya Budi Gunawan sebagai wakapolri,” kata sosiolog Universitas Indonesia Thamrin Amal Tomagola saat memberikan keterangan bersama sejumlah akademisi terkait pelantikan Budi Gunawan, Rabu (22/4/2015).

Melansir kompas.com, selain itu pelantikan ini dikhawatirkan juga akan menyebabkan kepercayaan publik terhadap aparat penegak hukum terdegradasi. Pasalnya, beberapa waktu lalu Budi Gunawan sempat dikabarkan batal dilantik sebagai kapolri oleh Presiden Joko Widodo lantaran dijerat sangkaan kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Meski penetapan tersangka itu dibatalkan berdasarkan hasil putusan praperadilan, namun Jokowi tetap tidak melantik jenderal bintang tiga itu. Sebaliknya, Jokowi justru menunjuk Badrodin sebagai Kapolri.

“Dulu, salah satu goncangan kegaduhan yang cukup signifikan adalah pengusulan dan pengangkatan Budi Gunawan sebagai calon kapolri, sekarang malah dilantik sebagai wakapolri,” pungkas dia. (vjb)

Baca Juga :  Ketika Ahok Melirik PDI-P, Jawabannya: Tak Dukung Calon Independen

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button