Home / Populer / Reaksi Keluarga Mendengar Penundaan Eksekusi Mary Jane

Reaksi Keluarga Mendengar Penundaan Eksekusi Mary Jane

Bagikan Halaman ini

Share Button
merMary Jane Fiesta Veloso.

 

MORAL POLITIK – Keluarga menyambut gembira kabar penundaan hukuman eksekusi mati Mary Jane Fiesta Veloso. Saat mendengar kabar tersebut, keluarga Mary Jane langsung histeris.

“Ketika kita menelepon keluarganya, mereka sudah dapat kabar dari pengacara Agus Salim, kalau (eksekusi) Mary Jane ditunda. Keluarga sudah berada di Jakarta, dari Cilacap jam 10 malam tadi. Dapat berita, bahwa Mary Jane ditunda, mereka histeris sekali dan senang,” ujar Kordinator Jaringan Buruh Migran Indonesia, Karsiwen di dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (29/3/2015).

Melansir metrotvnews.com, setelah mendapat kabar penundaan, keluarga Mary Jane berencana kembali ke Nusakambangan. “Belum tahu kapan (keluarga ke Nusakambangan lagi), tapi mereka memang berencana akan ke sini,” tambahnya.

Dua kakak Mary Jane, Darlene dan Mary Tess, kuasa hukum dan pihak Kedubes Filipina di Jakarta juga baru mengetahui kabar tersebut dari media.

“Mereka hanya tahu setelah mendapat kabar melalui pesan singkat yang dikirim pimpinan Komnas Perempuan. Baru percaya ketika diberitakan di TV,” paparnya.

Perjuangan keluarga, rekan-rekan dan organisasi dinilai berhasil. Penundaan eksekusi diupayakan kuasa hukum dengan mengklaim bahwa Mary Jane adalah korban perdagangan manusia.

“Karena proses hukum di Filipina juga sudah dimasukan sejak 21 April lalu dan hari ini Departement of Justice Filipina langsung menelepon ke kuasa hukum, Edry Olalia bahwa pengakuan Kristina sebagai pelaku trafficking sudah dikeluarkan dan juga hari ini Kristina dan pasangannya, Julius sudah menyerahkan diri ke polisi,” bebernya.

Kebijakan pemerintah ini, diyakini Karsiwen juga menjadi pintu masuk bagi Pemerintah untuk menyelamatkan 227 buruh migran Indonesia yang terancam hukuman mati. “Ini juga akan menjadi titik balik untuk perlindungan buruh migran Indonesia,” pungkas dia. (erny)

Baca Juga :  PDIP tak menang tebal, Jokowi minta Seknas ubah strategi

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button