Home / Populer / DPRD Flores Timur Bentuk Pansus, untuk Apa?

DPRD Flores Timur Bentuk Pansus, untuk Apa?

Bagikan Halaman ini

Share Button
oseKetua DPRD Flores Timur Yosep Sani Betan. (Foto: Cele Kedang)

 

 

MORAL POLITIK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Flores Timur (Flotim) kembali membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk memantau program ‘Gerbang Emas’. Program ini harus memiliki keuntungan bagi masyarakat ‘akar rumput’ apalagi DPRD sebagai perwakilan dari masyarakat harus benar-benar memastikan bahwa anggaran tersebut sampai ke tangan masyarakat. Jangan sampai anggaran tersebut dilenyapkan oleh oknum-oknum tertentu.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Flotim, Yosep Sani Betan, ketika dijumpai moral-politik.com, di gedung DPRD Balai Gelekat Larantuka, ahad silam. “Hal seperti ini perlu kita lakukan karena kita ingin agar setiap program itu punya daya serap. Program Kerja Pemerintah Flores Timur harus bisa dirasakan oleh masyarakat Flores Timur. Sehingga pada momentum kunjungan kerja di desa-desa ini, perlu kita ketahui bagaimana sasaran pelaksanaan program pemberdayaan pemerintah,” katanya.

Menurutnya, dari informasi yang ditemui dan didengar bahwa ada begitu banyak keberhasilan yang diperoleh dari pelaksanaan Program Gerakan Membangun Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas) pada Tahun Anggaran 2014. Sehingga pihak DPRD menyikapinya melalui rapat pembentukan Pansus terkait laporan keterangan dan pertanggung jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2014. Sani mengatakan bahwa pihak DPRD Flotim akan turun dan melihat langsung dari dekat, agar keberhasilan program pemerintah ini, akan dijadikan sebagai bukti pelaksanaan program Gerbang Emas dan juga sebagai titik bidik program kedepanya. Untuk itu, DPRD Flotim harus melakukan kunjungan kerja (Kunker) atau peninjauan faktual lapangan.

“Pihak Lembaga DPRD sedang merampungkan dan mempersiapkan pelaksanaan kunjungan kerja Pansus DPRD Flotim. Mengenai LKPJ Tahun Anggaran 2014, hal ini sudah disampaikan Pemerintah daerah Kabupaten Flores Timur pada rapat Paripurna DPRD Flotim pekan silam. Pemerintah melalui Bupati dan Wakil Bupati dalam berbagai kesempatan menyatakan bahwa keberhasilan pelaksanaan program Gerbang Emas pada Tahun Anggaran 2014 adalah keberhasilan pemerintah. Untuk itu tentu perlu harus ditinjau seperti apa hasil lapangan atau hasil daya serap Program Gerbang Emas tersebut. Oleh karena itu Lembaga DPRD Flotim melalui pansus yang sudah dan sedang bekerja ini akan melihat langsung dari dekat dampak dari program ini,” tambahnya.

Baca Juga :  2 puisi PDIP merespons Gerindra bakal dilelang mahal

Dijelaskanya bahwa kunjungan yang akan dilakukan tersebut, selain sebagai bahan evaluasi disamping itu juga akan menjadi sebuah dasar pijakan untuk menambah atau mengurangi obyek dari pelaksanaan Program Gerbang Emas pada tahun anggaran 2014. Sejauh ini ada 45 desa yang menjadi target Program Gerbang Emas. Hasil kunjungan kerja ini, lanjut dia, akan menjadi bahan evaluasi Dewan dan Pemerintah, apakah mau melanjutkan atau memberhentikan program tersebut. “Mau dilanjutkan atau tidak itu nanti kita lihat dari hasil fakta lapangan, karena selama ini dalam berbagai Road Show, Bupati dan Wakil Bupati selalu menyatakan ada keberhasilan sehingga kita berharap agar pada kunker DPRD Flotim ini, kita bisa memeperole hasil faktual dari pelaksanaan program Gerbang Emas ini dengan hasil yang baik dan program ini benar-benar terserap langsung di masyarakat Flores Timur, baik itu pada kelompok-kelompok yang dibentuk di Desa-Desa, maupun masyarakat pada umumnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Flores Timur ini mengatakan, Program Gerbang Emas merupakan program unggulan Pemkab Flotim, dengan target Sasaran dan keberhasilan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sehingga bisa dilihat dari pencapaiannya. “Tahun 2014 ada 45 Desa sasaran Program Gerbang Emas dan menurut Pemerintah banyak yang berhasil sehingga dewan juga perlu melihat secara langsung sejauh mana keberhasilan program tersebut. Kita berharap agar kedepan program Gerbang Emas ini lebih maksimal karena tahun 2016 adalah tahun terahkir kepemimpinan. Maksud dan tujuan Dewan untuk turun meninjau bukan untuk melihat proyek atau program kegiatan gagal, tetapi meninjau untuk bisa bersama-sama evaluasi demi langkah kita selanjutnya,” urai Sani.

Yosep Sani juga mengatakan bahwa kegiatan pansus LKPJ DPRD Flotim ini, akan bekerja selama enam hari. Ada 17 anggota DPRD yang ikut meninjau fakta di lapangan mengenai program kegiatan fisik dan pemberdayaan serta program lainya selama pelaksanaan pada Tahun Anggaran 2014, setelah itu dewan akan membuat rekomendasi. Ia menegaskan bahwa pihaknya hanya mau melihat sejauh mana pogram itu dilaksanakan. Sehingga kedepan pansus akan bekerja maksimal selama 6 hari agar bisa bekerja lebih dari sekedar peninjauan, untuk lebih banyak merekam program kegiatan lapangan. .

Baca Juga :  Moleknya Alam di Tenau, Kota Kupang (1)

Sementara itu, lansir aktualita-ntt, Sahar Libu Pati, Mikhael Mike Hayon, dan Ato Agil membenarkan Pansus DPRD Flotim tersebut. Pansus akan melakukan kunjungan kerja ke wilayah kecamatan terkait dengan pelaksanaan program kegiatan tahun anggaran 2014. Pansus LKPJ DPRD Flotim akan meninjau pelaksanaan program kegiatan pemeberdayaan dan program kegiatan fisik serta lainya didaerah sasaran program diantaranya adalah Pulau Adonara, Pulau Solor dan daratan Larantuka.

Bupati Flores Timur Yosep Lagadoni Herin dan Wakil Bupati Valens S. Tukan yang ditemui Aktualita-ntt mengatakan bahwa selama ini pelaksanaan program Gerbang Emas telah memberi peningkatan ekonomi kepada masyarakat Kabupaten Flores Timur. “Ada sekian banyak masyarakat yang mendapat dana bergulir. Artinya bahwa Program Gerbang Emas sudah mampu memberiakn kesempatan bagi masyarakat untuk membuka berbagai kegiatan usaha dan itu sudah berhasil, baik berhasil dalam ekonomi maupun dalam menembalikan pinjaman tersebut. Saya yakin bahwa Dana Gerbang Emas yang digulirkan pemerintah itu bukan sekedar janji, tetapi sudah menjadi kenyataan bahwa Gerbang Emas bisa mewujudkan pembaruan dalam bidang ekonomi masyarakat Flotim. (Semar)

 

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button