Home / Populer / HUT Kodam ke-58, Pemkot Kupang dan Kodim 1604 Bersihkan Pesisir Pantai

HUT Kodam ke-58, Pemkot Kupang dan Kodim 1604 Bersihkan Pesisir Pantai

Bagikan Halaman ini

Share Button
dandimDandim 1604 Kupang membacakan Sambutan Panglima TNI Jendral Moeldoko. (Foto: beritantt.com)

 

MORAL POLITIK – Kemarin, Sabtu (9/5/2015), Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang bekerja sama dengan Kodim 1604/Kupang menggelar pembersihan di sepanjang garis pantai mulai dari Lasiana, Oesapa, Pasir Panjang, Oeba, Pantai Tedys, Nunbaun Sabu, hingga ke pesisir Pantai Bolok. Pembersihan yang diikuti oleh selurh PNS Lingkup Kota Kupang dan Kodim 1604 dilakukan dalam rangka HUT Kodam ke-58.

Pantauan moral-politik.com, pembersihan dimulai di Panta Lasiana, Kelurahan Lasiana Kota Kupang. Sebelum pembersihan dimulai, dilakukan upacara singkat antara Pemerintah Kota Kupang dan Jajaran Kodim 1604. Bertindak sebagai Komandan Upacara, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1604/Kupang, Letkol Infantri Subar. Dalam upacara itu hadir Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man, Sekot Kupang Bernadus Benu, Kadis Kesehatan Ary Wijana bersama sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup Pemkot Kupang.

Usai Upacara singkat, tepat pukul 8.30 Wita, pembersihan mulai dilakukan di Pantai Lasiana. Semua staf dan jajaran pada Kodim 1604 terlibat langsung dalm pembersihan pesisir pantai.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1604/Kupang Letkol Infantri Subar, disela-sela pembersihan mengatakan, dalam rangka HUT Kodam IX/Udayana, sesuai instruksi pimpinan telah dilaksanakan sejumlah kegiatan. Pada beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pengobatan gratis di Kabupaten Kupang.

Kegiatan lain, katanya, pada Sabtu hari ini akan dilaksanakan kegiatan pembersihan di sepanjang garis pantai mulai dari Pantai Lasiana hingga ke Pantai Bolok.

Kegiatan pembersihan sepanjang garis pantai itu, tambahnya, tidak saja melibatkan anggota TNI. Kegiatan itu akan pula melibatkan aparat Polri, Pemkot Kupang, dan masyarakat di sepanjang pesisir Pantai Lasiana hingga Pantai Bolok di Kabupaten Kupang.

Baca Juga :  "Apakah Jokowi ingin bantuan Prabowo hadapi KIH?"

“Anggota kita sudah disiagakan di Lasiana untuk mempersiapkan kegiatan besok (hari ini),” katanya lebih lanjut.

Menurutnya, kegiatan pembersihan sampah di sepanjang garis pantai, merupakan upaya menjaga kebersihan pantai, dan mendukung program kemaritiman. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mendukung program Pemkot dalam menjaga kebersihan kota.

Wakil Wali Kota Kupang Herman Man mengatakan, untuk pelaksanaan kerja bakti pembersihan garis pantai sepanjang Pantai Lasiana sampai Pantai Bolok itu, ia telah menginstruksikan kepada para lurah dan camat untuk menggerakkan warganya ikut ambil bagian. “Tadi saya sudah instruksikan kepada semua pegawai untuk ikut dalam kegiatan pembersihan besok (hari ini),” katanya.

Diakuinya, kegiatan pembersihan pantai mulai dari Pantai Lasiana hingga ke Bolok, merupakan upaya memecahkan rekor pembersihan garis pantai terpanjang dan melibatkan personel terbanyak.

Masyarakat pesisir pantai, lanjutnya, harus dilibatkan dalam kegiatan pembersihan. Karena, setiap hari mereka yang menikmati bersih dan kotornya pantai. Apalagi, sampah yang ada merupakan ulah warga pesisir pantai yang membuang sampah sembarangan. “Supaya mereka bisa nikmati kebersihan dan kesejukan pantai, maka mereka juga harus dilibatkan dalam kegiatan pembersihan dan penanaman bakau di pinggir pantai,” pungkas dia. (Nyongky)

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button