Home / Populer / Jokowi Siapkan Sistem Logistik Nasional

Jokowi Siapkan Sistem Logistik Nasional

Bagikan Halaman ini

Share Button
jokowiPresiden Joko Widodo.

MORAL POLITIK – Pemerintah sedang menyiapkan sistem logistik nasional yang terintegrasi untuk menciptakan efisiensi biaya pengangkutan barang khususnya lewat laut. Presiden Joko Widodo mengatakan, dengan sistem yang terintegrasi, maka biaya logistik bisa berkurang hingga separuhnya.

“Persaingan kita adalah antarnegara dan bila tidak turunkan (harga barang-red) sulit bersaing. Kalau bisa turunkan trucking, loading, dan unloading cost,” kata Presiden yang akrab disapa Jokowi ini, saat meresmikan revitalisasi alur pelayaran Barat Surabaya dan Terminal Teluk Lamong di Surabaya pada Jumat (22/5/2015) pagi.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah akan mengintegrasikan sistem logistik nasional yang dikelola secara terpusat.

“Saya hanya membayangkan pelabuhan Kuala Tanjung, Belawan sudah besar seperti ini, di Surabaya, kemudian pelabuhan lain di Tanjung Priok. Makassar dan di Sorong mulai dikerjakan Juli atau Agustus dengan fasilitas komplit dan itu semua terintegrasi. Saya sampaikan kerja kita harus terintegrsasi dan kita bangun satu sistem logistik nasional kita tidak mengoperasikan sendiri-sendiri. Saya membayangkan dan sudah berhitung biaya logistik kita akan jatuh bisa separuh atau sepertiganya, karena saat ini mahal,” kata Presiden.

Jokowi menghargai apa yang dilakukan oleh Pelindo III dalam pengembangan pelabuhan di Tanjung Perak dan juga terminal Teluk Lamong.

Presiden Joko Widodo berharap pengembangan terus dilakukan hingga tahun-tahun mendatang kapasitas angkut bisa terus ditingkatkan.

Dalam acara itu hadir Ibu Iriana, Menteri BUMN Rini Soemarno, Ketua Watimpres Sri Adiningsih, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini serta sejumlah pejabat lainnya. (erny)

Sumber: kompas.com
Baca Juga :  PKB: Menteri tak harus lepaskan Jabatan di Partai

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button