Home / Populer / Pemkot Kupang Targetkan, Tahun 2017 KTP Berfungsi Ganda

Pemkot Kupang Targetkan, Tahun 2017 KTP Berfungsi Ganda

Bagikan Halaman ini

Share Button
jonWali Kota Kupang Jonas Salean.

 

MORAL POLITIK – Pemerintah pusat menargetkan, pada tahun 2017 nanti, kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dapat berfungsi ganda. Selain sebagai kartu identitas, e-KTP pun dapat berfungsi sebagai ATM, kartu kredit, dan sebagai pas masuk jika bertemu pejabat pusat maupun daerah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang, David Mangi atas nama Wali Kota Kupang, Jonas Salean kepada moral-politik.com, di ruangan kerjanya, Sabtu (9/5/2015).

Dia mengatakan, dengan diberlakukannya e-KTP sebagai pas masuk untuk bertemu para pejabat, maka saat bertamu tak perlu lagi mengisi buku tamu. Cukup dengan menunjukkan e-KTP dan diletakkan di alat pendeteksi, maka semua identitas akan keluar.

“Tidak perlu isi buku tamu lagi, nama siapa mau ketemu siapa tidak perlu lagi karena tinggal tunjukkan e-KTP sudah masuk sampai ke dalam berarti dia sudah lolos sensor,” tambahnya.

Karena itu, katanya, kepada warga Kota Kupang yang hingga kini belum mengurus e-KTP dihimbau untuk mengurusnya. Pencetakan e-KTP tergantung permintaan masyarakat yang datang. Setelah melakukan perekaman data di Kecamatan, lalu ke kantor Dispencapil membawa surat pengantar. Jika datanya ada saat dipanggil, maka e-KTP akan diproses pencetakannya. “Untuk cetak e-KTP hanya sepuluh detik. Setelah keluar chipnya kita pasang dan masukan data ke chip,” katanya lebih lanjut.

“Untuk e-KTP, harus ada sidik jari. Karena, jika tanpa sidik jari, e-KTP tidak bisa diaktifkan walau orang tersebut telah memegang e-KTP. Diakuinya, prosesnya sangat gampang dan cepat,” pungkas dia. (Nyongky)

 

Baca Juga :  PDIP: Jokowi-JK jadikan Ekonomi Kreatif Tulang Punggung Nasional

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button