anangKomjen Anang Iskandar

 

 

 

MORAL-POLITIK.com – Menjadi penegak hukum di kepolisian, tak melulu soal menggenggam senjata, menangkap penjahat atau berkutat dengan BAP. Ada kalanya polisi piawai memainkan pena, pernah mahir memegang kuas lukis hingga menggenggam alat cukur.

Begitulah sosok Komisaris Jenderal (Komjen) Anang Iskandar. “Saya mewarisi darah seni dari ayah sebagai tukang potong rambut. Ketika saya kelas 4 SD sudah mulai dikenalkan alat-alat potong rambut…” tulis Komjen Anang Iskandar dalam blognya https://anangiskandar.wordpress.com.

Ya, Jenderal polisi yang satu ini punya hobi menulis dan berbagi gagasan, inspirasi dan kisah hidup dalam sebuah blog. Sebuah media publikasi di internet yang semua orang bisa mengakses dan menyerap gagasan-gagasan yang ditulis.

“Saya sejak jadi polisi, orang melihat saya banyak ragu. Nggak mungkin jadi polisi. Saya tulis di blog saya. Ketika masuk polisi, nggak mungkin anak tukang cukur jadi polisi,” cerita Anang saat mengisi diskusi tentang Polri di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakpus, Sabtu (5/9/2015).

Anang memang dikenal lama sebagai polisi yang hobi menulis catatan melalui blog. Jenderal bintang tiga itu bahkan menulis panjang lengkap dengan foto tentang profil hidupnya, mulai dari lahir hingga menjadi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Tulisan terakhirnya di blog bertutur panjang tentang #GerakanStopCuek, yang merupakan pandangan Anang tentang kebijakan negara melawan kejahatan narkotika. Tulisan itu dipublikasikan 10 Februari 2015.

Selain tulisan soal pandangannya atas masalah Narkotika, Anang juga pernah membuat tulisan panjang tentang pengalamannya diangkat menjadi Kapolda Jambi tahun 2012 dan sebuah tulisan ‘Polisi Ditantang Keringetan’.

Masih dalam blognya, Anang juga menampilkan sisi kehidupan pribadinya dalam tulisan ‘Surat ke-2 kepada Anak dan Isteriku’. “..Anak dan istriku kita hidup ini satu team, suatu saat kita berganti peran, bersiaplah dengan peran yang lain..” tulis Anang.

Apakah akan tetap menulis di blog jika sudah menjadi Kabareskrim, Jenderal?

“Iya dong, itu kan pekerjaan.. (santai). Anang Iskandar,” jawabnya memberitahu blognya anangiskandar.wordpress.com sesaat sebelum memasuki mobil usai menghadiri diskusi.

Penulis: bal/Hbb
Editor : Erny
Sumber : detik.com