polisi-ungkap             96 WN Tiongkok dan Taiwan sindikat kejahatan transnasional berupa penipuan online ditangkap Polda Metro Jaya. Sindikat tersebut dilindungi oleh Yakuza.

MORAL-POLITIK.COM – Masyarakat perlu berhati-hati dengan transaksi jual beli di dunia maya. Pasalnya, tak sedikit orang yang akhirnya menjadi korban penipuan karena tak mengecek terlebih dahulu kejelasan situs tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal mengimbau agar masyarakat menelusuri informasi situs jual beli di dunia maya. Salah satunya, untuk pembeli tiket konser Bon Jovi di Jakarta.

“Tips kami terhadap masyarakat yang banyak menjadi korban penipuan tikket online konser Bon Jovi untuk teliti dan memeriksa dulu dari konten mana dan online mana,” kata Iqbal di Jakarta, Kamis (3/9/2015).

Iqbal melanjutkan, para penipu tersebut memiliki ciri tersendiri. Salah satunya mengenai batasan waktu yang diberikan oleh pelaku.

“Biasanya modus-modus selalu memberikan batasan waktu. Itu ciri-ciri khusus penipuan modus operandi penipuan. Satu jam atau dua jam, karena mereka ingin langsung ditransfer,” kata Iqbal.

Dugaan penipuan penjualan tiket konser Bon Jovi di situs www.ticketbonjovi.com pun juga memiliki ciri yang sama. Menurut Deki Surahman (35), situs tersebut mencantumkan kesediaan tiket yang berubah-ubah setiap harinya.

“Kategori tiket sering berubah-ubah setiap harinya,” kata Deki.

Penulis : Kahfi Dirga Cahya
Editor : Hindra Liauw
Sumber : Kompas.com