114437820150127-104155780x390Politisi PDI Perjuangan Junimart Girsang

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Akhirnya Mahkamah Kehormatan Dewan DPR RI akan melayangkan panggilan kedua terhadap Ketua DPR Setya Novanto dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Sedianya, keduanya menjalani pemeriksaan oleh MKD pada hari ini, Senin (28/9/2015) siang. Pemeriksaan ini terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik keduanya saat menghadiri kampanye bakal calon Presiden Amerika Serikat Donald Trump, di sela-sela kunjungan kerja ke AS, beberapa waktu lalu.

“Seperti yang sudah kita tetapkan pekan lalu, Pak Setya Novanto akan kita periksa pukul 14.00 WIB dan Pak Fadli Zon pukul 15.00 WIB,” kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang kepada Kompas.com, Minggu (27/9/2015) malam.

Akan tetapi, keduanya belum kembali ke Tanah Air dan masih menjalankan ibadah haji. Junimart mengatakan, pemanggilan ini sudah dijadwalkan sejak Rabu pekan lalu setelah rapat pimpinan MKD. Rapat tersebut memutuskan bahwa penyelidikan yang dilakukan MKD sudah cukup dan selanjutnya ke tahap persidangan.

Rombongan Ketua DPR awalnya dijadwalkan tiba di Indonesia pada Senin pagi ini, sehingga MKD menyesuaikan jadwal kedatangan mereka untuk melakukan pemeriksaan. Namun, kepulangan mereka mundur sehingga dipastikan tak bisa memenuhi panggilan MKD.

“Masih harus dikonfirmasi lagi ke penerbangan (kapan pulang ke Indonesia), karena sesuai jadwal yang kita inginkan penuh,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Jazuli Juwaini.

Junimart menambahkan, MKD akan melayangkan panggilan kedua.

“Kalau sampai pemanggilan ketigaa tidak hadir, MKD bisa minta bantuan polisi untuk panggil paksa,” kata Junimart. **

Penulis  : Ihsanuddin
Editor    : Inggried Dwi Wedhaswary/Erny
Sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

53 − 46 =