Home / Populer / Berkeliarannya Calo TKI di NTT, Ini Respons Aleta Baun

Berkeliarannya Calo TKI di NTT, Ini Respons Aleta Baun

Bagikan Halaman ini

Share Button
aleta-baunAggota DPRD NTT, Aleta Baun (1.bp.blogspot.com)

 

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Ribuan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bekerja di berbagai Kabupaten/Kota, diduga sebagian besar keberangkatan mereka melalui para calo TKI, yang kerap berkeliaran di Kota dan Kabupaten se Provinsi NTT.

TKI asal Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU), dan Belu yang bermasalah berjumlah cukup banyak. Mulai dari masalah pemalsuan dokumen hingga tidak memiliki kemampuan untuk bekerja di luar negeri. Itu terjadi karena pengawasan yang lemah. Ada yang salah dalam pengiriman TKI ke luar negeri. Mulai SDM hingga kelengkapan surat-surat. Bahkan, yang menyedihkan sebagian besar TKI yang berangkat ke berbagai negara, terutama Malaisya karena ajakan para calo yang terus berkeliaran,” kata Aggota DPRD NTT, Aleta Baun, Jumat (2/10/2015) pukul. 12. 15 Wita.

Menurut Aleta, terkadang cara apapun ditempuh oleh mereka agar bisa berangkat. Ketika terjadi persoalan di luar negeri, pihak pemerinta Provinsi NTT melalui Dinas Nakertrans dan calo mulai cuci tangan, sementara keluarga kebingungan.

Disebutkan, pengawasan yang dilakukan pemerintah terhadap rekrutmen calon TKI juga selama ini dianggap lemah, apa lagi kepala Naketran Simon Tokan di nilai tidak bisa berbuat apa-apa dan diduga kuat sedang tertidur dalam ruangan. Sehingga ketika di negara tujuan dililit berbagai masalah, instansi teknis tidak memiliki data yang akurat, sehingga ada kekerasan antara kariawan dan majikannya. **

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny
Baca Juga :  Mengapa Demokrat 'walkout'? Ini kata BKH

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button