Home / Populer / Di Malaka, Partisipasi Pilkada Beda dengan Pileg

Di Malaka, Partisipasi Pilkada Beda dengan Pileg

Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere. (Foto: Ist)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM – Tingkat partisipasi warga masyarakat Kabupaten Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (9/12/2015) mendatang, diyakini berbeda jauh dengan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 yang lalu.

Perihal tersebut terungkap dalam bincang-bincang dengan Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere, di ruang kerjanya, Kamis (22/10/2015) pagi. Menurut pegawai negeri sipil (PNS) senior di kabupaten termuda di NTT ini, jumlah pemilih yang tercatat di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malaka adalah sejumlah 137.719 orang. Diyakininya, yang akan menggunakan hak politiknya pada pelaksanaan Pilkada adalah sebesar 99 persen.

“Estimasi perbedaan yang cukup mencolk tersebut lantaran masyarakat memandang perhelatan politik pileg dan pilkada itu beda. Kalau pileg tak menyentuh langsung kepentingannya, sedangkan pilkada akan langsung menyentuh kepentingannya berupa pelaksanaan perencanaan, pembangunan, monitoring dan evaluasi,” kata Bere.

Bere yakin satu persen warga pemilihnya yang bakal tak menggunakan hak politiknya itu lantaran sakit atau sedang bepergian keluar daerah. Kendati begitu, dirinya beserta jajarannya hingga ke tingkat akar rumput akan terus mendorong masyarakat pemilih agar pada tanggal 9 Desember mendatang tingkat partisipasi dalam pilkada bisa mencapai 100 persen.

“Pada saat kampanye pilkada masyarakat tumpah ruah di tempat-tempat yang telah ditetapkan oleh KPU. Hal ini sangat berbeda jauh dengan kampanye pileg lalu,” tukasnya meyakinkan. **

Penulis: Vincent
Baca Juga :  Jika Semua Pimpinan KPK Jadi Tersangka, inilah kesiapan Istana

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button