Home / Populer / Jonas Salean Berikan Dana PEM kepada Semua Kelurahan

Jonas Salean Berikan Dana PEM kepada Semua Kelurahan

Bagikan Halaman ini

Share Button
jonesWali Kota Kupang, Jonas Salean. (Ist)

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pemkot Kupang berjanji di tahun 2016 mendatang jika PAD Kota Kupang meningkat hingga mencapai Rp 130 Miliyar per tahunnya, maka setiap Kelurahan yang tersebar di wilayah Kota Kupang akan diberikan/mendapat tambahan dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (PEM) setiap tahun Rp 1 Miliyar.

“Jika program pemerintah pusat untuk memberikan kepada setiap desa anggaran Rp 1 Miliyar, maka pemerintah Kota bisa berbuat hal serupa. Semua ini untuk membantu masyarakat Kota meningkatkan taraf hidup mereka,” kata Wali Kota Kupang, Jonas Salean ketika memberikan sambutannya saat berkantor di Kelurahan Manutapen, Kamis (8/10/2015).

Menurut Jonas, fungsi dan tugas Kepala Desa dan Lurah adalah sama, berbeda hanya jabatan kepala desa adalah jabatan yang dipilih oleh masyarakat sementara Lurah adalah PNS.  Namun sayangnya kebijakan pemerintah pusat terhadap alokasi dana Rp 1 Miliyar itu hanya untuk desa sedangkan kelurahan tidak dapat. Karena itu dalam pembahasan bersama DPRD Kota, dia mengusulkan kepada DPRD Kota Kupang agar kedepan setiap Kelurahan yang ada bisa ditambahkan dana PEM Rp 500 juta dengan demikian setiap kelurahan bisa mendapat alokasi dana PEM Rp 1 Miliyar setiap tahun.

“Tugas kepala desa dan lurah ini sebenarnya sama, makanya saat rakor dengan pemerintah pusat, saya sempat tanyakan ini kepada Mendagri. Karena itu saya minta kepada dewan, kenapa dengan kekuatan kita, kita tidak bisa kasi per kelurahan Rp 1 miliyar. Makanya saya usulkan kepada dewan apabila di tahun 2016 nanti posisi PAD kita sampai Rp 130 miliyar maka kita bisa tambah dana PEM masing-masing kelurahan Rp 500 juta sehingga menjadi Rp 1 miliyar,” kata Jonas sembari menambahkan, ini semua dilakukannya untuk menopang kegiatan usaha ekonomi masyarakat dengan demikian pendapatan keluarga meningkat.

Baca Juga :  Cerita JK soal percakapannya dengan Lee Kuan Yew

Dikatakannya, posisi PAD Kota Kupang hingga saat ini Rp 123 Miliyar, karena itu kepada masyarakat Jonas meminta agar banyak berdoa dan mendukung setiap program pemerintah yang ada agar setiap potensi daerah yang ada bisa dikelolah dengan baik untuk peningkatan PAD dengan tujuan bisa tercapainya kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap masyarakat berdoa supaya kota ini lebih baik kedepan, agar PAD lebih meningkat. Karena posisi PAD sampai saat ini Rp 123 miliyar ini menandakan bahwa kita semua bersama dewan kerja keras, bukan peras rakyat tapi potensi-potensi yang ada terus kita gali. Di dewan juga merasa tidak masuk akal karena PAD kita naik begitu tinggi, tapi saya bilang ke dewan bahwa saya ini mantan Kadispenda jadi saya tahu jelas potensi-potensi yang ada. Kita akan terus gali dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada guna peningkatan PAD untuk kesejahteraan warga kota ini. Saya sudah bicarakan ini dengan dewan dan dewan kita sangat respon terhadap persoalan-persoalan yang berkaitan dengan masyarakat kecil,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini dana PEM yang beredar di kelurahan sudah mencapai Rp 48 miliyar, karena ada kelurahan yang sudah gulir 2 tahap, 3 tahap bahkan ada kelurahan yang sudah gulir sampai 4 tahap. “Makanya LPM kita beri tambahan dana operasional dari Rp 4 juta menjadi Rp 5 juta. Dan juga tenaga pengelolah dana PEM terus kita tingkatkan,” katanya.

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button