Home / Populer / Jonas Salean Siapkan Raskin ke-14

Jonas Salean Siapkan Raskin ke-14

Bagikan Halaman ini

Share Button
raskinIlustrasi Beras Raskin.

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pemerintah Kota Kupang terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Kota Kupang di seluruh aspek kehidupan. Salah satunya di tahun 2015 bulan November nanti, warga penerima Raskin akan mendapat bagian Raskin ke-14.

Wali Kota Kupang Jonas Salean saat berkantor di Kelurahan Manutapen, Kamis (8/10/2015) mengatakan, dirinya dan Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man bersama DPRD Kota berkomitmen dan berjanji akan terus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kota Kupang disegala aspek kehidupan, namun kesemuanya itu tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Menurut Jonas, masalah raskin menjadi persoalan hingga 2015, karena pendataan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Dimana, keluarga-keluarga yang seharusnya tidak dapat akhirnya dapat, dan keluarga yang harusnya dapat Raskin tidak dapat, karena itu pada  Februari kemarin para Wali Kota bertemu Presiden, dimana persoalan yang paling krusial hampir disemua daerah di Indonesia terkait pendataan penerima Raskin yang dilakukan selama ini.

“Saat itu kita minta kepada Bapak Presiden, agar untuk memperoleh Raskin itu datanya harus diperoleh dari bapak/ibu Ketua RT dimasing-masing kelurahan. Dan itu direspon baik oleh Bapak Presiden dan melalui Mensos mulai 1 sampai 30 Juni 2015 telah dilakukan verifikasi kembali kepada seluruh keluarga yang dulu tidak terima yang layak terima harus didata kembali. Karena itu RT lebih tahu kondisi masyarakat, sehingga kelak bisa didata kembali sesuai dengan yang disyaratkan,” katanya.

Dikatakannya, 14.300 kepala keluarga penerima Raskin, kelak mereka juga akan menerima Raskin ke-13. “Jika PNS terima gaji 13 maka bapak/ibu penerima Raskin juga mendapat Raskin ke-13,” cetusnya.

Dan untuk mengantisapasi situasi ekonomi masyarakat saat ini, maka kebijakan Pemkot Kupang yang baru usai pembahasan bersama Dewan dengan ditetapkan kota juga ada Raskin 14. “Pemberian Raskin 14 ini bagi penerima Raskin akan dilakukan pada bulan November tahun ini. Mendekati hari raya Natal untuk antisipasi kondisi ekonomi, kemarau panjang,” katanya.

Baca Juga :  Jokowi Diminta Buka Peluang untuk Anak Muda Profesional Jadi Menteri

Karena itu, kata mantan Staf Ahli Gubernur NTT itu, saat ini sementara dilakukan pendataan kembali terkait pendistribusian Raskin ke-14. Sehingga diharapkan masyarakat penerima Raskin bersabar. “Ini gratis, karena kita telah siapkan anggaran kurang lebih Rp 7 Miliyar,” pungkas Jonas. **

Penulis : Nyongki
Editor   : Erny

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button