Home / Populer / Kupang Kota Flamboyan, Pelayanan harus Flamboyan

Kupang Kota Flamboyan, Pelayanan harus Flamboyan

Bagikan Halaman ini

Share Button
a-k-1Andre W. Koreh. (Ist)

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Pembaharuan julukan Kota Kupang sebagai Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur dari Kota Bougenvile ke Kota Kasih, dan terakhir ini muncul ide atau gagasan menjadi Kota Flamboyan terkuak dari terang pikir Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTT, Andre W.Koreh.

Manakala berdiskusi dengan moral-politik.com, di ruang kerjanya, Jumat (16/10/2015) petang usai jam kantor, dirinya mengurai bahwa gagasan merubah julukan Kota Kupang menjadi Kota Flamboyan itu telah dipresentasikannya kepada Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pada dua hari yang lalu.

“Gubernur tak berkeberatan sepanjang itu bermaksud untuk makin mendorong pemerintah Kota Kupang dan masyarakatnya berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” kata dia.

Andre, begitulah dia biasa disapa dalam kesehariannya, menuturkan bahwa Flamboyan itu nama kembang dari sebuah pohon yang besar. Tapi Flamboyan juga bisa berarti smart (cerdas), ramah, manis, memukau. “Jadi masyarakat bisa menggugat, semisal mengapa pelayanan publik di Kota Kupang tidak Falmboyan?” tambahnya.

Mahasiswa program Doktoral di Universitas Nusa Cendana ini juga menjelaskan, Flamboyan juga bisa diartikan sebagai Flores, Sumba, Alor, dan Timor.

Tokoh muda yang menolak wacana untuk berkompetisi dalam perhelatan politik di Kota Kupang tahun 2017 mendatang ini, tak keberatan jika implikasi dari julukan Kota Flamboyan berarti ada alokasi dana untuk penyediaan bibit pohon Flamboyan kepada masyarakat Kota Kupang secara gratis guna di tanam di pekarangan rumah masing-masing. “Kami akan mengalokasikannya di tahun anggaran 2016 mendatang,” katanya.

Walau demikian, Andre juga tak menampik adanya ekses negatif dari Pohon Flamboyan. Dia membenarkan, daun Pohon Flamboyan itu kecil sehingga bisa mengotori halaman. Akarnya juga kecil sehingga bisa merusak bangunan jika letaknya dekat dengan rumah penduduk.

Baca Juga :  Koalisi Rakyat HPI Suarakan Kesetaraan Gender di NTT

“Kita akan tanam Pohon Flamboyan di semua area Jogging Track di seputaran Kantor Gubernur NTT hingga ke bibir Kantor Polda NTT,” pungkas dia kalem. **

Penulis : Vincent

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button