Home / Populer / Malaka Berbenah Menuju Pesta Demokrasi Pertama

Malaka Berbenah Menuju Pesta Demokrasi Pertama

Bagikan Halaman ini

Share Button
malaka-1Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere. (Ist)

 

 

MORAL-POLITIK.COM – Perhelatan politik bukanlah hal tabu untuk dipercakapkan dalam era demokratisasi ini. Terutama bagi pejabat dan masyarakat kabupaten termuda di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang bernama Malaka.

Sepanjang ruas jalan di kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste ini, terpampang spanduk-spanduk dari tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Malaka.

Masyarakat Malaka sendiri sangat dewasa untuk menyikapi proses demokratisasi tersebut. Mereka sadar bahwa ini adalah pemilukada pertama setelah Malaka dimekarkan menjadi daerah otonom baru di NTT.

Penulusuran moral-politik.com selama dua hari di Malaka, dalam sebuah rumah tangga terjadi Ayah dukung paket A, Ibu paket B, dan anak-anak dukung paket C.

“Ada anak saksi kami yang jadi calon, jadi kami tidak punya pilihan lain lagi. Sedangkan ada adik yang dukung paket lain, begitu pun dengan anak-anak kami,” buka Margaretha bersemangat, di Betun, Kamis (21/10/2015) pagi.

Malah ada cerita lain yang tak kalah uniknya. Kata dia, pesta pernikahan ponakannya mesti ditunda hingga usai pemilukada agar ketiga pasangan calon bisa hadir tanpa ada beban-beban politik.

Bagaimana dengan persiapan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malaka itu sendiri? Kata Penjabat Bupati Malaka, Donatus Bere, di ruang kerjanya, Kamis (21/10/2015) siang, dirinya telah berkoordinasi dengan Kapolres Belu dan Kapolres sudah tugaskan Wakapolres untuk bertugas di Malaka.

“Kerjasama juga dilakukan dengan TNI melalui Dandim Belu,” kata dia. “Koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga lancar mengalir,” tambahnya.

Tingkat partisipasi masyarakat, kata dia, dalam kampanye juga sangat menggembirakan. “Ini adalah sikap politik yang bagus sekali. Sebab dengan menghadiri kampanye, mereka diajarkan berpolitik, sekaligus bisa menentukan pilihan sesuai hati nuraninya masing-masing,” pungkas dia. **

Baca Juga :  Hotel dan Griya Pijat ini jadi target Anies-Sandi...
Penulis: Vincent

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button