Home / Populer / Melirik Kawasan Perbatasan Kobalima di Kabupaten Malaka (2)

Melirik Kawasan Perbatasan Kobalima di Kabupaten Malaka (2)

Bagikan Halaman ini

Share Button
 

 

MORAL-POLITIK.COM – Jika menelisik seluruh area kawasan perbatasan Kobalima di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), sangat jelas transparansinya bahwa pemerintah Indonesia masih menggunakan paradigma pembangunan pada era Orde Baru, yaitu mengutamakan pendekatan keamanan (security approach), ketimbang kesejahteraan/kemakmuran (approach to prosperity).

Faktanya apa? Di Kobalima, ada Kompi TNI yang berada pada posisi depan dari Kepolisian dan Bea Cukai. Jika dibandingkan dengan di negara Timor Leste, yang berada di depan adalah instansi yang bertugas untuk mengatur lalu lintas pelintas batas orang dan barang ke Indonesia.

Apakah kelemahan tersebut tak disadari oleh pemerintah Indonesia? Menurut penjelasan seorang sumber yang layak dipercaya di Kobalima, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum, Kepolisian, dan Bea cukai telah melakukan survei lokasi pada beberapa bulan yang lalu.

Dijelaskannya di Kobalima, Kamis (22/10/2015) siang, rencananya pemerintah akan membeli tanah milik masyarakat seluas dua hingga tiga hektare.

“Area tanah tersebut akan dibangun kantor satu atap sebagai tempat kerjanya Kepolisian, Bea Cukai,” jelasnya sembari menunjuk lokasinya. (bersambung)

 

Penulis: Vincent

 

Baca Juga :  Inilah Proyek Jokowi yang harus Masuk RAPBN 2015

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button